Cara Meningkatkan Budaya Membaca pada Anak ala Tanoto Foundation


Membaca adalah hobi yang sangat baik, namun sayang saat ini anak lebih suka main game daripada memegang buku. Padahal murid yang suka membaca buku memiliki pengetahuan yang lebih luas dan juga imajinasi tinggi. Lantas bagaimana cara meningkatkan budaya membaca agar mereka keranjingan melakukan hobi positif ini? Ada beberapa tips dari Tanoto Foundation yang bisa Anda simak.

Mari Tingkatkan Budaya Membaca pada Anak ala Tanoto Foundation

Berikut ini cara agar anak mau membaca buku tanpa harus dipaksa:

1. Belikan Buku Bergambar

Anak-anak yang baru bisa membaca jangan diberi buku yang tebal dan hanya berisi huruf. Ia akan menganggap bahwa membaca adalah hal yang membosankan. Anda bisa memberinya buku bergambar dengan ukuran besar dan jumlah kata yang sedikit. Anak akan tertarik pada gambarnya dan melihat dengan antusias.

Ada banyak buku bergambar yang dijual di toko buku maupun marketplace. Jika anggaran kurang untuk membeli yang baru, mendapatkan buku bekas tak apa-apa. Asal kondisinya bagus. Jika ia dibiasakan untuk membaca setiap hari, lama-lama budaya membaca akan terbentuk.

2. Belikan Buku yang Sesuai dengan Usia Anak

Jika ingin anak antusias membaca, maka berikan buku yang sesuai dengan usianya. Jangan malah dibelikan buku pelajaran untuk anak SD, padahal ia masih 5 tahun. Ada banyak buku di online shop, bahkan saat ini ada buku bantal yang terbuat dari kain yang empuk, yang diperuntukkan bagi bayi dan batita.

Untuk balita, ada buku cerita bergambar dan pilih yang desainnya menarik dan berwarna-warni. Jika sejak kecil suka membaca, maka saat sekolah ia tak akan kesulitan dengan pelajarannya, bahkan mendapat beasiswa. Anda bisa mendapatkan tips lain agar anak cinta buku di situs Tanoto Foundation.

3. Orang Tua Memberi Contoh

Jika ingin anak punya budaya membaca maka orang tua wajib memberi contoh. Daripada menonton sinetron, bukankah lebih baik Anda membaca koran? Bacalah setidaknya selembar buku sebelum tidur. Anak-anak tentu meniru kebiasaan ayah dan ibunya, dan ia dengan senang hati membaca buku.

Ada beberapa cara agar anak memiliki hobi membaca. Orang tua harus memberi contoh untuk membaca buku setiap hari, dan memilihkan bacaan yang sesuai dengan usia anak. Saat liburan, bawa anak ke toko buku dan pilihkan buku yang bergambar, jadi ia tertarik untuk membacanya.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca

Jangan lupa Moms juga bsa kutan lho kegiatan seru kompetisi sharing momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG: @tanotoeducation atau lanjut d https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-hadiahnya/

No comments for "Cara Meningkatkan Budaya Membaca pada Anak ala Tanoto Foundation"