Tuesday , 27 June 2017
Home » Wisata » Papua » Wisata Pulau Raja Ampat di Papua Nugini

Wisata Pulau Raja Ampat di Papua Nugini

Wisata Pulau Raja Ampat di Papua Nugini. – Suara desingan mesin kapal kayu berhenti dan memecah keheningan dan perahu itu pun mulai merapat. Tidak ada lagi yang terdengar kecuali ombak kecil yang menderai sisi kapal dan perlahan-lahan melepaskannya. Burung-burung di atas pohon pun mulai beterbangan dari ujung pohon yang rindang di salah satu pulau tak berpenghuni.

Ya, Anda tiba di sebuah Pulau Wisata bernama Raja Ampat ! Surga yang hilang dari kekayaan bawah laut paling lengkap di di nusantara ini. Kepulauan Raja Ampat adalah kepulauan yang mempunyai rangka empat gugusan pulau yang saling berdekatan dan berlokasi di bagian barat (Vogelkoop) Pulau Papua nugini.

Secara administrasitif, gugusan-gugusan ini berada tepat di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua nugini bagian Barat. Kepulauan ini dahulu menjadi tujuan wisata para penyelam yang tertarik akan keindahan-keindahan pemandangan alam dasar lautnya.

Empat gugusan pulau-pulau ini yang menjadi bagiannya juga dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau misool, Pulau wiage, Pulau batanta dan juga pulau Salawati, menurut para ahli sejarah Asal usul nama Pulau Raja Ampat di Papua menurut sebuah mitos penduduk lokal berasal dari tujuh telur yang ditemukan oleh seorang wanita, tiga butir petama yang menetas menjadi sebuah batu, seorang dan hantu dan 4 telur lainnya berubah menjadi seorang pangeran yang berkuasa di pulau waigeo, pulau slawati, pulau misool timur dan juga missool bagian barat.

Keindahan Wisata Pulau Raja Ampat di Papua

Pesona Raja Ampat

Masyarakat Adat Raja Ampat

Masih menurut ahli sejarah wilayah Pulau Raja Ampat dulunya dihuni oleh masyarakat-masyarakat bangsawan yang menerapkan sistem kebudayaan maluku, ambon masing-masing desa dipimpin oleh kepala suku sejak berdirinya kesultanan muslim di wilayah Maluku, kesultanan tidore masih menjadi bahagian clan dari raja ampat, namun setelah kesultanan tidore takluk dari penjajah belanda, kepulauan ini pun Masuk kedalam daerah jajahan hindia belanda.

Banyak para penyelam laut dalam mengatakan bahwa mereka mendapat pengalaman yang menarik ketika mereka menyelam di perarairan pulau ini, banyak dari penyelam yang mengabadikan foto mereka ketika menyelam di perairan Raja Ampat. jika kamu berlibur disini maka saya menyarankan anda untuk menyelam di perairan ini dan anda pasti akan sangat terhibur
tempat wisata Pulau Raja Ampat merupakan tempat yang dihuni oleh hewan laut bahkan seperempat populasi satwa laut di dunia dapat ditemukan di Raja Ampat… Sangat menarik bukan?

Tebing Raja Ampat di Papua

Tebing Raja Ampat di Papua

Tidak hanya itu wilayah Timur indonesia terkenal juga akan ombaknya yang tinggi oleh karena itu banyak para turis yang melakukan surfing, diving, bahkan snokeling di wilayah ini, jika anda seorang diver yang berpengalaman dan mencari sebuah tantangan baru untuk bersnokeling maka perarairan di wilayah Raja Ampat menawarkan itu semua, mulau dari Pulau Raja Ampat bahkan sampai pulau weh ketika anda menyelam di perarairan ini anda juga akan menjumpai sekelompok mantaray dari jenis penyu yang ada di wilayah perairan ini,,, dapatkan pengalaman menarik pada saat anda menyelam .

Masyarakat setempat dipulau Ampat umumunya berprofesi sebagai nelayan tradisional yang bertemapat tinggal di kampung-kampung kecil dan letak kampungya agak berjauhan, mayarakat lokal disini terknal kaena keramahannya dan saya menyarankan jika anda berkunjung ke Pulau Raja Ampat bawakan sedikit oleh-oleh berupa permen atau pinang, oleh-oleh ini merupakan semacam bentuk hormat kita terhadap masyarakat lokal yang hidup di Pulau Raja Ampat.

Habitat Laut Raja Ampat

Habitat Laut Raja Ampat

“Para Pinang” merupakan acara makan dang mengobrol sambil makan buah pinang adat istiadat ini masih terjaga dan merupakan adat-istiadat warisan nenek moyang mereka
Jangan salah meskipun mereka hidup jauh dari peradaban dunia modern namun masyarakatnya juga mempunyai agama, pada umumnya orang lokal disini beragama islam dan kristen dan mereka saling menjaga kerukunan antar agama meskipun kadang ada satu keluarga yang berbeda agama.

Rute menuju Pulau di Papua

Bila anda berencana berlibur di wilayah Pulau Ampat pastikan anda menyiapkan segala yang dibutuhkan selama tinggal di Pulau Raja Ampat ini, Disaat anda memulai perjalanan dari jakarta menggunakan pesawat terbang maka anda membutukan waktu sekitar 5 jam.
Namun bila anda terbang dari bandara sorong dan berhenti di wilayah manado dengan pesawat garuda airlines maka perjalanan anda akan memakan waktu Lebih Kurang selama 7 jam perjalanan.

Endemik Laut

Endemik Laut

jika anda ingin lebih cepat sampai ke pulau ini maka tersedia pilihan lain yaitu terbang dari jakarta-sorong yang menghabiskan waktu kurang lebih hanya 3 jam menggunakan pesawat boeing 737 milik maskapai adam air
Pulau Raja Ampat ini juga menyediakan berbagai hotel untuk anda menginap ada berbagai macam hotel yang disediakan di Pulau Raja Ampat ini baik hotel berbintang 5 maupun berbintang 3 namun standar bintang hotel Raja distandarkan dari wilayah yang sedang kita bahas, berikut kami sajikan hotel yang bisa anda tinggali selama berlibur di sini :

Hotel Maras Risen

Hotel Maras Risen letaknya sangat strategis berada tepat di pinggir pantai Raja Ampat dan anda bisa melihat pemandangan nan indah dan mempesona selam anada menginap di pulau ini, Maras Risen Hotel juga menyediakan beragam fasilitas dan jasa service layaknya hotel yang berada di kota-kota besar
staf hotel siap membantu dan menyambut anda serta memandu anda selama anda tinggal di hotel ini, kamar tamu di desain sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan Wisatawan serta dekorasi yang terdapat di hotel Risen juga tak kalah menariknya seperti disediaknnya ir bekemasan botol secara gratis, TV kabel, meja makan, meja tulis dan ruangan bebas merokok, hotel maras risen merupakan hotel teraik yang disediakan untuk para Wisatawan Pantai Ampat.

Informasi Hotel & Fasilitas :
  • Koneksi internet
  • Restoran
  • AC
  • Kamar bebas asap rokok
  • Brankas
  • Ruang rapat
  • Bar

Hotel Dive Lodge

Terletak di daerah wisata utama di Pulau Raja Ampat, hotel Dive Lodge menjanjikan kunjungan para pengnjung untuk bisa bersantai dan menyaksikan pemandangan yang indah ketika tinggal di hotel ini . Menyediakan berbagai fasilitas dan juga layanan servis, hotel menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk bermalam dengan nyaman. Kotak-kotak penyimpanan yang aman, tempat bar/pub, koneksi internet wi-fi di tempat-tempat umum, tour, fasilitas meeting ada juga fasilitas demi kenyamanan para Wisatawan. Guest Room ini dirancang untuk memberikan rasa nyaman optimal dengan dekorasi dan fasilitas yang nyaman seperti ruangan ber AC , ruangan bebas asap rokok, kotak penyimpanan yang aman juga tersedia dalam-kamar, kipas angin. Hotel ini juga menyediakan dan menawakarkan berbagai peluang liburan atau rekreasi bersama keluarga anda . Suasana yang kondusif, ramah dan pelayanan-pelayanan yang terbaik adalah apa yang bisa Anda harapkan selama anda tinggal di hotel Dive Lodge yang berlokasi di Pulau Raja Ampat.

Fasilitas dan Informasi :
  • Koneksi internet
  • Restoran mini
  • AC
  • Ruang Smoking Area
  • Brankas
  • Ruangan meeting
  • Bar

Pesona Wisata

Pulau Raja Ampat merupakan salah satu wilayah andalan masyarakat lokal dan berpotensi untuk dijadikan obyek wisata, terutama wahana yang sangat dikenal masyakat luas yaitu wahana menyelam.
Pulau Raja Ampat pernah dikategorikan 10 tempat perairan terbaik untuk diving yang berperingkat 10 terbaik di dunia, flora dan fauna yang hidup dibawah lautnya jarang dijumpai di perairan lainnya
seorang ahli terumbu karang berkebangsaan australia Dr john veron menyatakan di situs miliknya bahwa perairan di kepulauan raja ampat ini adalah satu-satunya wilayah yang terbaik yang ada di negara republik indonesia, menurutnya ada lenih 500 terumbu karang yang berhasil di identification selama 2 minggu di Pulau Raja ini.

Terumbu Karang

Team ahli dari international conservation center and the nature conservation serta lembaga pengetahuan para ahli indonesia sering melakukan penelitian di Pulau Raja Ampat secara cepat pada tahun 2002 dan menyimpulkan bahwa di perairan ini tercatat ada sekitar 600 terumbung karang keras dan lebih dari 2000 jenis ikan yang berpopulasi di terumbu karang, 800 jenis hewan moluska, ini menjadikan 78% populasi terumbu karang dunia berada di dasar laut kepulauan raja ampat ini. Dan sebagai catatan jika dibandingkan dengan wilayah lain yang memiliki wilayah sama maka tak ada yang memiliki terumbu karang sebanyak ini. fantastis bukan?

Wisata Laut Papua

Wisata Laut Papua

Di kawasan lain seperti pulau waigeo dan pulau batanta dan kepulauan kofiau terdapat populasi Bebatuan karang laut masih sangat baik populasinya jika dipersentaseka ada sekita 85% terumbu karang yang masih alami dan hanya da di bawah laut pulau ini.
Terumbu karang yang ada di wilayah ini bertipe karang tepi dan karang berjenis kontur curam
namun ada juga karang yang bertipe taka atau gosong, ketika laut sedang dalam keadaan surut anda bisa menyaksikan hamparan Batu karang yang hadir tanpa menyelam di laut dalam, dan menariknya karang itu teteap bisa beradaptasi meskipun terkena paparan sinar matahari langsung.

Spesies

Ada beberapa Spesies unik yang bisa anda temui pada saat anda menyelam di bawah laut Pulau Raja Ampat anda akan menemukan beberapa spesies ikan pari Manta. wobbegong, dan kuda laut katai juga ada juga spesies ikan endemik berjenis Eviota raja yakni ikan yang bertipe goobie
Namun jika anda menyelam di perairan ini anda juga akan menjumpai beberapa ekor ikan pari yang sudah jinak. ada juga yang lebih menegangkan pada saat mekakukan penyelaman di bwah laut anda ikan menjumapi segerombolan ikan bara kuda soliter, jadi anda harus ekstra hati-hati ketika menyelam di perairan Pulau Raja Ampat ini.

Spesies Unik

Spesies Unik

Mengunjungi kepulauan ini sebenarnya tidak terlalu susah meski kadang memakan biaya yang besar dan juga menguras waktu, tetapi jika anda belibur di Pulau Raja Ampat ini semua biaya yang anda keluarkan akan terbayar ketika anda menemukan berbagai keanekar agamanan flora dan fauna yang ada di Pulau Raja Ampat ini
Pemerintah setempat berinisatif untuk menjaga kelestarian bawah laut perairan ini dengan usaha yang konserfatif, setidaknya pemerintah setempat telah menyediakan lembaga yang bertugas melindungi flora dan fauna di Pulau Raja Ampat ini agar tidak punah
Pemerintah menyetujui ide kerjasama dengan lembaga international yaitu lembaga international concervation dan the nature concervaty foundation.

Selain Pulau Raja Ampat ada wilayah yang ikut serta dijaga kelestariannya masing-masing adalah pulau laut asia, misool bagian selatan, pulau dan laut kofiau dan pulau saying.
demikian artikel kami tentang wisata Pulau Raja Ampat dan kami sajikan, semoga bermanfaat bagi para Wisatawan setia dan pembaca yang budiman di website kami ini . terima kasih

Baca Juga:  Wisata Pantai Bidadari yang tak kalah menarik, berada di Jakarta

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates

Warning: mkdir() [function.mkdir]: Disk quota exceeded in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2305

Fatal error: Uncaught exception 'Exception' with message 'Cache directory not readable/writable: `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public`. Failed on `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public/www-general-web-id/9/7/8/0/f`.' in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php:2310 Stack trace: #0 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(456): websharks\html_compressor\core->cache_dir('public', '9780f9295a07f05...') #1 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(398): websharks\html_compressor\core->compile_css_tag_frags_into_parts(Array) #2 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(317): websharks\html_compressor\core->maybe_compress_combine_head_body_css('<!DOCTYPE html>...') #3 /home/general8/p in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2310