Tuesday , 25 April 2017
Home » Wisata » Banten » Pesona Wisata Pulau Bidadari

Pesona Wisata Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan salah satu tempat resort di yang berlokasi tepat di wilayah pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu,  pulau bidadari sebenarnya memiliki dua nama yaitu Pulau purmerend dan Pulau sakit namun masyarakat sekitar lebih akrab memanggilnya dengan sebutan kepulauan seribu.
Bidadari adalah salah satu pulau yang berada persis di kePulauan Seribu dan merupakan salah satu lokasi destinasi yang cukup tekenal di pulau jawa dan berhasil menarik  para wisatawan international maupun para wisatawan domestik. Bidadari terkenal akan keindahan alam bawah laut dan keindahan pantainya yang mempesona.

Jika ditinjau dari segi geografis, Bidadari diapit oleh 3 pulau yaitu Pulau onrust, Cipir, serta  Pulau kelor. Bidadari Resort juga dahulu biasa digunakan oleh  pemerintah belanda sebagai tempat translit dan berlabuh sebelum mereka menuju ke batavia (nama kota jakarta pada jaman penjajahan) dan  sempat dijadikan tempat mendirikan tembok pertahanan untuk mengamankan batavia, sebenarnya Bidadari merupakan Lokasi Pantai yang bersejarah bagi bangsa ini.

pemandangan wisata pulau bibadari

Pemandangan Wisata Pulau Bibadari

Pesona Wisata Pantai Bidadari

jika kita berkunjung ke pulau Bidadari, Mata kita akan terpana pada reruntuhan-reruntuhan bangunan tua peninggalan sejarah yang pada zaman dahulu bangunan ini berdiri megah  yang sudah berusia ratusan tahun yang lalu yaitu Benteng Martello. Pulau Bidadari juga terdapat Benteng Martello (martello wall gate) lebih tepatnya benteng ini berada tepat di tengah-tengah Pulau Kelor.
Pulau Bidadari masuk ke dalam wilayah kabupaten Kepulauan Seribu. kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, kelurahan Untung Jawa, Lokasi Wisata yang dikenal akan Pantai berpasir yang putih bersih, dengan air laut yang jernih berkilau seperti cahaya , pahatan prasasti, dan juga Benteng Martello lengkap beserta meriamnya merupakan keindahan alam  bersejarah yang hanya terdapat di Pulau Bidadari.

Wisata Prasasti

Peninggalan-peninggalan bersejarah  seperti prasasti dan benteng dari jaman penjajahan ternyata justru menjadi daya tarik tersendiri pagi para wisatawan yang sedang berkunjung.
Pengelola wisata resort ini memang menyidiakan home stay untuk menginap para pengunjung sembari bersantai menikmati suasana pantai.
Karena letak geografis nya yang berdekatan dengan ibu kota Jakarta, banyak pengunjung yang datang berwisata seharian penuh  dan tidak menginap, atau lebih dikenal dengan kunjungan satu hari  (One Day Tour).
Para Wisatawan yang datang ke pulau Bidadari selain ingin melepas penat (refreshing) sambil menikmati sejuknya angin pantai , ada yang sekedar  ingin melihat bangunan-bangunan bersejarah peninggalan zaman penjajahan belanda yang berada di Pulau Bidadari.
Beberapa tahun terakhir Bidadari Kepulauan sudah banyak mengalami perubahan perlahan namun signifikan, mulai dari pembangunan cottage dan pembangunan serta penambahan akomodasi fasilitas lainnya yang bertujuan untuk menarik lebih banyak pengunjung.

hotel pulau bidadari

Cottage Pulau Bidadari

Menurut pengamatan saya, Dalam satu hari setidaknya ada tiga hingga empat kali keberangkatan kapal-kapal dari dermaga Marina, biasanya Jadwal rute keberangkata tersebut paling banyak pada akhir pekan sedangkan pada hari biasa (bukan hari libur), jadwal keberangkatan kapal hanya 2 kali, yakni pada jam delapan pagi dan jam 10 malam
Untuk sampai Pulau ini kita dapat menggunakan kapal speed boat yang disediakan oleh karyawan yang mengelola wahana wisata Kepulauan seribu. Perjalanan  hanya membutuhkan waktu berkisar kurang lebih tiga puluh menit dari Dermaga  Marina Ancol beach (pantai marina).
Setelah anda berhasil sampai ke lokasi Pulau ini mungkin anda akan terkejut karena suguhkan dengan pemandangan yang mempesona dan anda akan disambut patung sang tanduk tujuh belas yang sedang mengangkat kakinya.
Disaat siang tiba, Sebaiknya anda beristirahat sejenak melepas lelah ,dan sebelum kita  melanjutkan rencana wisata akan lebih mengesankan rasanya jika kita mencoba Wisata Kuliner terlebih dahulu di restaurant khas ala Pulau Bidadari ini yang juga sangat di sukai banyak pengunjung

Masyarakat Pulau Bidadari

para pelayan restaurant akan menyiapkan makanan dan minuman yang sengaja disediakan di atas meja. Anda juga akan di beri  beberapa brosur tentang keindahan Pulau ini dan brosur ini akan membantu anda saat berwisata di Pulau Bidadari.
Berbeda dengan Resort lainnya, Resort Pulau Bidadari di bangun di atas atas laut atau lebih dikenal dengan kota apung / cottage apung (floating cottage).
Desain bentuk bangunan Cottage ini sungguh menakjubkan. Arsitek Bidadari sengaja mendesain seperti rumah panggung di atas air layaknya perkampungan ala nelayan  yang berada persis di atas air. menakjubkan bukan !.
Namun bagi anda yang takut terhadap Air, Kepulauan Bidadari juga menyediakan cottage di darat yang di desain menjadi dua model yakni model  cottage Modern dan model cottage Tradisional. Ternyata  model panggung cottage ini memang didesain mirip dengan rumah adat minahasa.

Bidadari Resort

Bidadari Resort

Bidadari Resort

Tak hanya itu Aktivitas masyarakat Pulau Bidadari turut serta menjaga kelestarian alam di semua pulau kepulauan seribu.
mungkin anda terkejut tahukah anda bahwa tanaman langka yang sering sulit terlihat akan anda jumpai di Pantai Bidadari? menurut para pengelola Resort Pantai Bidadari ada lebih 45% tanaman di pulau ini dikategorikan sebagai tumbuhan langka.
dan jika anda berdiri di bibir pantai anda akan menyaksikan sebuah pemandangan yang terlihat lebih bersih dan menakjubkan, Ditemani hembusan angin laut yang sepoi-sepoi tertiup dari arah laut. Anda pun bisa menikmati suasana pantai sambil duduk-duduk di kursi yang menghadap ke arah pantai Bidadari.
Fasilitas yang disediakan di Pulau Bidadari  ini ialah rekereasi permainan air seperti (banana boat , banana sport, kapal jet sky, canoe, dan alat untuk memancing) bahkan ada juga fasilitas lain sepertia karaoke, voli pantai, bar,tenis meja dan masih banyak lagi.
Anda tertarik Mencoba berlibur ke Pulau Bidadari?
Saya punya alternativ Kunjungan wisata yang tak kalah menarik, masih di Seputar Kepulauan Seribu, Yaitu Pulau Pari, Pulau Umang, dan Tanjung Lesung.

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates

Warning: mkdir() [function.mkdir]: Disk quota exceeded in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2305

Fatal error: Uncaught exception 'Exception' with message 'Cache directory not readable/writable: `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public`. Failed on `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public/www-general-web-id/9/7/8/0/f`.' in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php:2310 Stack trace: #0 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(456): websharks\html_compressor\core->cache_dir('public', '9780f9295a07f05...') #1 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(398): websharks\html_compressor\core->compile_css_tag_frags_into_parts(Array) #2 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(317): websharks\html_compressor\core->maybe_compress_combine_head_body_css('<!DOCTYPE html>...') #3 /home/general8/p in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2310