Thursday , 19 October 2017
Home » Lampung » Wisata Propinsi Lampung yang Wajib Dikunjungi

Wisata Propinsi Lampung yang Wajib Dikunjungi

Wisata Propinsi Lampung – Hi Sobat general, Kalian sudah pernah berkunjung ke Propinsi Lampung? Kebetulan saya tinggal di propinsi Lampung.
Lampung sering disebut Negeri Gajah, karena dipropinsi lampung terdapat banyak Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) dan juga terdapat Pusat Konservasi Gajah atau PKG yang berada di Taman Nasional Way Kambas.
Sebelum bicara lebih jauh tentang wisata dilampung, saya akan membahas sedikit terbentuknya propinsi lampung.

Sejarah Propinsi Lampung

Propinsi Lampung lahir pada tanggal 18 Maret 1964 dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 3/1964 yang kemudian menjadi Undang-undang Nomor 14 tahun 1964.
Sebelum itu Propinsi Lampung merupakan keresidenan yang tergabung dengan Propinsi Sumatera Selatan.
Kendatipun Propinsi Lampung sebelum tanggal 18 maret 1964 tersebut secara administratif masih merupakan bagian dari Propinsi Sumatera Selatan, namun daerah ini jauh sebelum Indonesia merdeka memang telah menunjukkan potensi yang sangat besar serta corak warna kebudayaan tersendiri yang dapat menambah khasanah adat budaya di Nusantara yang tercinta ini. Oleh karena itu pada zaman VOC daerah Lampung tidak terlepas dari incaran penjajahan Belanda.
Lampung pernah menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Tarumanagara dan Kerajaan Sunda sampai abad ke-16. Waktu Kesultanan Banten menghancurkan Pajajaran, ibu kota Kerajaan Sunda maka Hasanuddin, sultan Banten yang pertama, mewarisi wilayah tersebut dari Kerajaan Sunda. (Source id.Wikipedia.com)

wisata propinsi lampung

Wisata Propinsi Lampung

Letak Propinsi Lampung berada diujung Pulau Sumatera, dan berdekatan dengan Pulau jawa.
Luas wilayah  Propinsi lampung sekitar 35.376 Km persegi, Dengan luas wilayah yang begitu besar, wajar bila saya katakan bahwa Propinsi Lampung kaya akan potensi wisata. Berikut beberapa tempat wisata yang wajib sobat kunjungi ketika berada di Propinsi Lampung

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung

Hal pertama yang wajib sobat kunjungi adalah Taman Nasional Way Kambas yang terletak di wilayah timur Pulau Lampung. Akses menuju Taman Nasional ini tidak sulit.
Banyak Kendaraan umum dari Bandar Lampung, atau dari Pelabuhan Bakauheni yang langsung menuju ke lokasi Taman Nasional Way Kambas.
Taman Nasional Way Kambas terkenal akan “The Big Five Mamals” atau lima mamalia yang besar, diantaranya Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus), Badak Sumatera (Dicheros rhinos sumatranus), Tapir, Beruang, Dan Harimau Sumatera (Phantera Tigris Sumatranus).
Dengan luas 125.000Ha, dan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Taman Nasional Way Kambas, membuat satwa satwa didalam kawasan masih terjaga populasinya.

Wisata di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)

TNBBS tak kalah menarik dari TNWK diatas sob, dari namanya saja kita sudah membayangkan bawah dilokasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan terdapat gugusan Bukit yang berbaris dari propinsi lampung sampai ke Porpinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan (Palembang).
Akses menuju Taman Nasional ini juga cukup mudah, karena banyak kendaraan umum yang melewati daerah TNBBS, baik dari Tanjung Karang, atau dari Propinsi bengkulu.
Kondisi geografis perbukitan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan membuat banyak para pecinta alam merasa tertantang dan berkunjung kelokasi ini.
Jenis satwa di Taman Nasional ini tak jauh beda dengan satwa yang ada di TNWK.

Wisata Kalianda Resort Lampung

Kalianda Resort ini terletak di wilayah selatan Propinsi Lampung. Kalianda Resort terkenal dengan keindahan ombak pantainya.
Dengan Pengelolaan yang baik, membuat hamparan pasir yang melingkar disepanjang pantai  Kalianda Resort tampak sangat putih bersih.
Jika kita berkunjung ke Kalianda Resort, sebaiknya menyiapkan perlengkapan untuk mandi, sebab disana terdapat penyewaan Jet Sky, jadi sayang bila kita tidak mencoba adrenalin kita dengan mengendarai JetSky.

Wisata Pantai Kiluan Lampung

Wah obyek yang satu ini sedang hangat diperbincangkan di beberapa media TV, karena dikabarkan akan dijual.
Pantai Kiluan terdapat di kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung. Pantai ini sangat terkenal dengan Ombak dan airnya yang begitu biru serta  pulau pulau kecil yang berada ditengah laut. Jika sobat berkunjung kelokasi pantai Kiluan, saya menjamin sobat tidak akan kecewa, terlebih jika sobat beruntung, bisa melihat kawanan lumba lumba sedang berenang dan melakukan atraksi loncat keudara.
Pemandangan seperti itu sering terjadi di pantai kiluan. Lautnya yang bersih, penduduk yang ramah, membuat pantai ini terkenal sampai ke Eropa
Btw hari sudah magrib. sebenarnya masih banyak obyek wisata yang bisa sobat kunjungi ketika berada di Propinsi Lampung. Mudah mudahan lain kali saya akan bercerita tentang obyek wisata yang lain ya .
Jangan lupa baca perjalanan saya ketika berkunjung ke Tanjung Papuma pantai eksotis di Kabupaten Jember Jawa Timur.
Salam blogger

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates