Friday , 22 September 2017
Home » Wisata » Wisata Kaliurang, Andalan Yogyakarta

Wisata Kaliurang, Andalan Yogyakarta

Siapa tak kenal dengan gunung merapi yogyakarta? Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 3000 m ini Beberapa tahun lalu meletus dan menewaskan korban jiwa. Tak terkecuali Desa Kaliurang yang berada dilereng gunung merapi yang terkena dampak abu vulkanik (Wedus Gembel), tetapi hal itu tetap tak dapat mengubur semua pesona keindahan Resort Kaliurang di Gunung aktiv ini.
Kawasan Pengelolaan Merapi ditangani oleh BKSDA Yogyakarta, dan sudah pasti peran masyarakat memiliki andil terbesar dalam menciptakan lingkungan kaliurang yang nyaman serta bersih, bahkan sudah terkenal sejak masa penjajahan kolonial belanda.
Lokasinya sekitar kurang lebih 30Km, memang sedikit jauh dari pusat kota jogja, namun akses menuju Kaliurang sangat mudah, banyak kendaraan umum dari terimal Yogyakarta baik dari Terminal Umbul Harjo atau dari Maguwoharjo yang mengarah ke desa kaliurang.

Berada dilereng gunung, maka tak heran jika suhu di resort ini sangat dingin dan sejuk, tercatat hampir sekitar 19 s/d 26 derajat celcius.

Kaliurang Yogyakarta

Anda tak perlu takut kemalaman disini, karena fasilitas di Kaliurang sangat memadai, terdapat banyak losmen atau hotel yang disewakan, dan juga wisata kuliner khas yogyakarta terdapat sekitar kali urang.
Saat pagi hari, jika cuaca cerah, anda akan melihat indahnya puncak gunung merapi dari dekat. Pengelola wisata di kaliurang jogja menyediakan teropong untuk melihat keindahan serta aktivitas puncak gunung merapi.

Tak hanya itu, lokasi ini sangat cocok untuk berlibur keluarga, sekitar 400m dari lereng, terdapat pemandian dan air terjun Telogo Puteri yang sudah terkenal dengan airnya yang sangat dingin dan alami karena berasal dari lereng gunung merapi, jadi terbebas dari kaporit.
Tarif masuk ke Resort Kaliurang sekitar Rp. 10.000, sangat murah, bahkan menurut saya tak sebanding dengan keindahannya yang luar biasa.
Kaliurang memang menyimpan banyak cerita, banyak mitos yang berkembang di masyarakat Jogja. Terlepas dari semua itu, Wisata Yogyakarta tetap menjadi favorit untuk menghabiskan masa liburan, tak terkecuali saya, pasti akan memilih kota Budaya ini sebagai tempat rekreasi keluarga.
Itulah cerita tentang Indahnya pesota kaliurang yang menjadi wisata andalan Yogya.
Jika anda punya pengalaman menarik di Resort ini, tak ada salahnya mengisi kolom komentar dibawah.
Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, Selamat Berlibur.
Salam Blogger

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates