Tuesday , 21 November 2017
Home » Wisata » Sulawesi » Wisata Hutan Malino, Gowa Makassar

Wisata Hutan Malino, Gowa Makassar

Sulawesi Selatan memang selalu menyuguhkan keindahannya, belum selesai euforia saya menikmati Indahnya Nuansa Pantai Losari, kini saya beranjak ke wilayah lain di Makassar. Sebuah korelasi sempurna antara Hutan alam dan Budaya, menjadikan definisi Hutan Malino sebagai Wisata Alam terpopuler di Indonesia Timur.

Secara Geografis Lokasi hutan malino terletak sekitar 1700M dari atas permukaan laut. Suhu udara Malino di Gowa relatif dingin dan lembab, sehingganya Pohon Pinus mudah hidup dengan subur dan kokoh, berjajar Rapih di sepanjang Hutan.

Wisata Hutan Malino

Hutan Wisata Malino Photo dari www.disbudpar-gowakab.com

Spot Wisata Disekitar Hutan Pinus Malino Gowa Makassar

Tentu bukan hanya Panorama Pinus yang menjadi daya tarik wisatawan, Di areal wisata Malino juga banyak sekali Flora endemik langka. Beberapa jenis yang sudah sangat familiar di telinga kita diantaranya Nasamba, Edelweis, turi,  juga tak ketinggalan adalah Markisa. Ya, kita semua tau bahwa Sulawesi sangat popular dengan Markisa, Pusat pengolahannya ternyata ada di malino. Karena Jumlah populasi Bunga dalam Hutan Malino sangat banyak, maka masyarakat Sulawesi menjuluki dengan sebutan Kota Bunga.

Air Terjun Takapala Malino.

Takapala merupakan Air terjun dengan ketinggian lebih dari 100 meter. Sebelum berkunjung kemari, sebaiknya persiapkan tenaga extra terlebih dahulu, sebab Untuk mencapai Puncak Malino, kita diharuskan melewati 1000 anak tangga. Hmm… cukup melelahkan. Tetapi Jangan khawatir, dari pintu gerbang wisata kamu bisa menyewa Kuda sebagai alternativ kendaraan untuk sampai di Puncak Gunung.

Bagi masyarakat sekitar, Takapala disebut sebagai Air terjun Jodoh, begitulah Mitos yang berkembang di Malino. Jadi bagi anda yang sulit mendapatkan pasangan dan masih saja jomblo sampai sekarang, sebaiknya berkunjung kesini.

Kebun Teh Nittoh

Posisinya sedikit lebih jauh dari tempat wisata yang lain, Sekitar 4 Kilometer dari Pusat Kota. Luas Kebun Teh Highland itu sekitar 200 Hektar, Pemda setempat memaksimalkan Areal Perkebunan sebagai penahan Longsor sekaligus menjadikannya sebagai central bercocok tanam.

Baru-baru ini Kebun Nittoh dijadikan pertanian Strawberry serta Markisa, sehingganya Nittoh kini menjelma menjadi pusat oleh-oleh atau cinderamata Malino.

Lembah Biru Malino Resort

Suhu Udara Hutan di Goa ini sangat sejuk, memang tak seberapa dingin bila dibandingkan Tempat rekreasi di Batu Malang yang sebelumnya pernah saya ceritakan. Namun di Lembah Biru Hutan Malino Gowa adalah lokasi yang paling sejuk di Makassar. Pengelola Wisata menjadikan Lembah ini sebagai Wahana Wisata Outbound Malino. Desain Arena Permainan tampak sangat natural, terlebih landskap Tanah Malino berbukit dan curam, alhasil Arena Outbound selalu ramai penunjung yang ingin menguji Adrenalin. Disini biasanya para pekerja atau Rombongan keluarga melepas letih dan penat.

Rute Menuju Hutan Malino Makassar

Saya hampir lupa, sudah menulis sana-sini tetapi alamat Hutan Malino belum disebutkan :D

Hutan ini berada di Kecamatan TinggiMoncong, Ujung Pandang, Sulawesi. Dilihat dari peta, jarak antara Malino ke Gowa sekitar 89 Kilometer dan dari Makassar berjarak 81 Kilometer. Perjalanan yang akan anda lalui sangat berliku, maka dari itu sebaiknya anda harus lebih extra hati-hati ketika melalui Rute Malino.

Kuliner Malino.

Tak lengkap rasanya bila berwisata tetapi tak mencipipi makanan khasnya. Topologi Hutan Malino yang sedikit ekstrim (suhu) membuat jajanan khas makassar di Hutan tersebut sedikit berbeda, Contohnya dibawah Air terjun, wisatawan sebaiknya mencoba Pisang Goreng hangat, atau bisa juga Coto Makassar yang sangat terkenal.

Hotel Murah di sekitar Hutan Malino

Jangan pernah takut kemalaman, Anda akan sangat mudah menjumpai Hotel di Hutan Malino baik dari hotel dengan harga murah atau juga ada villa yg harganya sedikit lebih mahal, belum lagi Penduduk sekitar Tempat Wisata Sulawesi ini juga menyewakan rumah dan kamar menjadi penginapan. Dan yang pasti semua itu mempunyai kenyamanan berbeda satu sama lain. Orang bilang ada harga ada barang, betul ga?

Nah itulah Info Wisata di Hutan Malino Kabupaten GOWA, Makassar semoga bisa dijadikan referensi rekreasi keluarga anda. Selamat berakhir pekan

Peta Hutan Malino

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates