Tuesday , 21 November 2017
Home » bandung » Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Bila anda berkunjung di daerah bandung rasanya tidak akan lengkap jika anda meninggalkan kawasan wisata Gunung Tangkuban perahu yang menjadi legenda rakyat sepanjang masa ini. gunung tangkuban perahu di sebelah utara kota kembang bandung, dengan ke elokan nan sejuk membuat gunung tangkuban perahu menjadi objek wisata yang sangat di cari oleh sekelompok orang pecinta alam. objek wisata ini konon mempunyai segudang cerita yang merakyat yang sampai kini masih saja menjadi dongeng yang tidak bisa kita hapus dalam memori sejarah. fenomena gunung tangkuban perahu akibat dari cerita rakyat yaitu dayang sumbi serta anaknya yang bernama sangkuriang. ini awal dari cerita rakyat dan terjadi gunung tangkuban perahu.
Gunung Tangkuban Perahu adalah salah wisata alam yang terletak di daerah Provinsi Jawa Barat. untuk menacapai gunung ini anda harus menempuh jarak kurang lebih Sekitar 20 km ke arah utara Kota kembang dengan ribuan rimbunan pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitar-nya, Gunung Tangkuban Parahu berada pada ketinggian 2.064 meter dari permukaan laut. Bentuk gunung tangkuban perahu adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang sering berpindah-pindah dari timur ke barat. jika terjadi letusan berbagai jenis batuan kecil yang di keluar melalui letusan kebanyakan adalah lava seta sulfur, mineral yang di muntahkan jika terjadi letusan adalah sulfur belerang dan mineral yang di keluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Suhu rata-rata di tangkuban perahu adalah 16 derajat celcius pada siang hari dan 3 derajat celcius pada malam hari. Memiliki curah hujan tinggi yaitu 2.900 mm per-tahun dengan curah hujan rendah antara 110 mm di bulan Juli dan tertinggi 320 mm di bulan November dengan kelembaban udara 45 derajat sampai 95 derajat Prosentasi penyinaran Matahari tinggi antara 40 derajat sampai 60 derajat dengan lama penyinaran  sampai 4,4 jam atau sekitar 6 sampai 3 jam per hari.
Wisata Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Cerita Sejarah Terjadinya Gunung Tangkuban Perahu

Menurut legenda dari rakyat sekitar bahwa gunung tangkuban perahu ini terjadi akibat dari dayang sumbi yang akan di peristri oleh anaknya sendiri yaitu sangkuriang. dimana dayang sumbi sebagai seorang ibu tidak akan mungkin akan menikah dengan anaknya sendiri. namun mendengar pernyataan itu sangkuriang tidak langsung percaya dengan perkataan ibunya. biarpun sudah di buktikan dengan adanya luka pada kepala yang dulunya di pukul oleh ibunya. dengan dalih memang sang ibu tidak ingin menanggung malu serta tidak mungkin anda bersuamikan anaknya akhirnya dayang sumbi meminta satu permintaan, permintaan ini sebagai upaya untuk menggagalkan sangkuriang agar tidak jadi menikahinya.
Akhir cerita sangkuriang di minta untuk membuatkan perahu serta danau buatan yang bisa dia kerjakan hanya dalam waktu satu malam saja. sangkuriang yang sakti menyanggupi apa yang di minta oleh dayang sumbi dia akan melaksanakan permintaan dayang sumbi sebagai syarat untuk bisa menikahinya.
Malam itu pun tiba dengan rasa gembira sangkuriang membuat perahu dalam waktu satu malam. di ujung cerita perahu yang di buat oleh sangkuriang hampir saja selesai, melihat hal itu sang ibu (dayang sumbi) mulai panik jika dia bisa membuat perahu itu dalam satu malam berarti dia harus menikahi anaknya sendiri. akhirnya munculah ide untuk menggagalkan usaha sangkuriang. sebenarnya belum saatna matahari untuk terbit dayang sumbi bergegas ke tempat penumbuk padi yang biasanya lesung penumbuk padi ini akan terdengar bila matahari akan terbit dan penduduk setempat sudah mulai berangkat untuk beraktifitas.
Mendengar suara lesung sudah terdengar sangat nyaring di telinga, sangkuring mulai panik karena usahanya untuk membuat perahu untuk dayang sumbi akan gagal. dalam kepanikan inilah sangkuriang marah kepada dirinya sendiri karena tidak bisa memenuhi syarat dari dayang sumbi. akhirnya dengan kemarahan yang luar biasa sangkuriang menendang perahu hingga tengkurap legenda inilah yang di yakini oleh penduduk sekitar terjadinya gunung tangkuban perahu.
Keberadaan gunung tangkuban perahu serta bentuk dari topografi Bandung berupa cekungan dengan daerahnya yang berbukit serta gunung di setiap sisi sisinya menguatkan beberapa teori keberadaan sebuah telaga besar dulunya. para ahli geologi meyakini bahwa kawasan dataran tinggi Bandung dengan ketinggian kurang lebih 700 m di atas permukaan laut merupakan sisa dari danau besar yang dulunya terbentuk dari bendungan sungai Ci Tarum oleh letusan gunung berapi purba yang lebih di kenal sebagai Gunung Sunda serta Gunung Tangkuban Parahu merupakan sisa Gunung purba di daerah sunda yang masih aktif smapai saat ini. Fenomena ini dapat di lihat pada sejarah Gunung Krakatau di Selat Sunda dan kawasan Tanzania Afrika yaitu Ngorongoro . Sehingga legenda Sangkuriang yang merupakan cerita masyarakat kawasan itu diyakini merupakan sebuah dokumentasi masyarakat kawasan Gunung Sunda Purba terhadap peristiwa pada saat itu.
Kota bandung memang mempunyai ke elokan serta keindahan dan mempunyai daya tarik tersendiri sejuta pesona wisata berada di kawasan daerah bandung, tidak bisa di pungkiri lagi bahwa bandung merupakan kota yang berjulukan kota kembang konon gadis gadis di daerah bandung ini terkenal dengan kecantikanya semua ini karena legenda dari dayang sumbi yang dulunya memang dayang sumbi merupakan wanita yang elok dan ayu rupawan.
Dalam benak anda mungkin akan berpikir objek wisata apa saja yang ada di kawasan Gunung Tangkuban Perahu selain keindahan dan panoramanya, berikut ini salah satu keindahan dari objek wisata yang bisa anda kunjungi.

Objek Wisata Tiga kawah di Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Objek wisata yang bisa anda kunjungi di gunung tangkuban perahu salah satunya ada tiga kawah, kawah ini ini merupakan lubang hasil dari letusan gunung berapi tangkuban perahu di antaranya adalah kawah ratu, kawah domas dan kawah upas. akibat dahsyat letusan dari gunung tangkuban perahu membawa objek wisata yang elok sampai saat ini. berikut ini tiga kawah tersebut yang harus anda datangi.

Objek Wisata Kawah Upas

Wisata Kawah Upas Tangkuban Perahu

Kawah upas terletak di sebelah kawah ratu, kedua kawah ini berdampingan namun yang membedakan dari keduanya adalah jika anda mengunjungi kawah upas anda harus melalui jalan terjal serta berpasir. Mungkin akibat inilah yang membuat sejumlah wisatawan berkunjung ke kawah upas lebih sedikit bila kita bandingkan dengan Kawah Ratu. Selain hal tersebut Kawah Upas juga lebih kecil bila di bandingkan dengan kawah ratu serta lebih dangkal.

Objek Wisata Kawah Domas

Wisata Kawah Domas Tangkuban Perahu

Kawah Domas merupakan kawah kedua setelah kawah upas letaknya berada di dataran lebih rendah dari pada Kawah Ratu. Tidak seperti Kawah Ratu yang hanya di perbolehkan untuk melihat dari jauh serta di batasi oleh pagar kayu, di Kawah Domas Anda bisa melihat langsung lebih dekat. Bahkan juga bisa melakukan pengujian panas-nya kawah domas dengan merebus telur pada kawah ini. Jika ingin mengunjungi di Kawah Domas antara jam emapat atau lima sore, maka Anda di haruskan untuk menyewa seorang pemandu langkah ini demi alasan keselamatan.

Objek Wisata Kawah Ratu

Wisata Kawah Ratu Tangkuban Perahu

Untuk yang ketiga adalah kawah ratu yang konon kawah ini paling besar di antara ketiga kawah di gunung tangkuban perahu. kawah ratu merupakan kawah yang paling terkenal di Gunung Tangkuban Perahu. Untuk akses menuju ke kawah ratu bisa menggunakan mobil pribadi, anda juga bisa pakai mobil sewaan yang berada di lokasi kawah ratu yang siap mengantarkan Anda sampai ke tujuan yaitu Kawah Ratu. Jalan untuk menuju ke kawah ratu tidak lah sulit sehingga banyak wisatawan yang datang untuk mendekati kawah ini.

Kawah Ratu juga dapat di lihat dari dataran lebih tinggi dengan pagar pembatas kayu untuk keselamatan para wisatawan. Pemandangan cantik bisa Anda saksikan dari kawasan ini. Tanah di sekitar kawah pada umumnya berwarna putih dengan batu-batu berwarna ke-kuning kuningan karena dampak dari kandungan belerang dari kawah ini. Selain itu anda juga bisa melihat secara langsung asap yang mengepul dari kawah. di sekitar lokasi ini terdapat banyak sekali toko toko kecil yang menjual berbagai suvenir untuk oleh-oleh yang bisa anda buat pulang seperti masker, topi, sarung tangan dan juga berbagai kerajinan unik dari kayu. Tidak hanya suvenir saja anda juga bisa menemui warung makan yang menjual mie rebus, kopi pahit, teh hangat dan ketan bakar yang merupakan produksi makanan khas dari Lembang bandung. Untuk berkeliling selain anda dengan bisa berjalan kaki ada juga penyewaan kuda yang bisa anda gunakan untuk menyisiri kawasan kawah ratu. Lokasi gunung tangkuban perahu berada di daerah cikole, kecamatan lembang, kabupaten bandung propinsi jawa barat.
Salah satu hal menarik dari wisata Gunung Tangkuban Perahu ini adalah anda di perbolehkan-nya untuk membawa kendaraan masuk dan dinaiki sampai pada kawasan kawah gunung serta tersedia lahan parkir yang amat luas untuk kendaraan parkir kendaraan Anda. suasana seperti ini tidak banyak terjadi di gunung gunung lain khususnya di kawasan objek wisata di Indonesia yang menjadi tempat wisata.

Rute Untuk Menuju Wisata Gunung Tangkuban Perahu

  1. Rute pertama Jika anda sudah Keluar dari pintu tol Pasteur silahkan menuju ke Jalan Dr. Djunjunan kemudian ke Pasirkaliki terus ke Sukajadi lalu Setiabudi selanjutnya anda berada di daerah Lembang lalu menuju ke Gunung Tangkuban Perahu.
  2. Rute kedua jika anda Keluar dari pintu tol Padalarang silahkan langsung menuju ke arah Cimahi kemudian belok kiri ke arah Jalan Kolonel Masturi selanjutnya sampai pertigaan Jalan Raya Lembang terus anda bisa belok kiri untuk menuju wisata Gunung Tangkuban Perahu.
  3. jika anda memilih menggunakan alterntif kendaraan umum, berikut ini rute yang bisa Anda pilih yaitu: jika anda sudah di Terminal Leuwi Panjang Bandung silahkan naik bus jurusan Bandung-Indramayu kemudian turun di pertigaan gerbang wisata Gunung Tangkuban Perahu.
  4. Jika anda tempuh dari Stasiun Hall Bandung silahkan langsung saja naik angkot jurusan Stasiun Hall ke Lembang kemudian turun di perempatan Lembang  Maribaya arah Tangkuban Perahu kemudian naik angkot jurusan Lembang ke Cikole dan anda bisa langsung turun di pinggir kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Itulah sekilas dari ke elokan wisata yang berada di wilayah gunung tangkuban perahu serta keunikan legenda yang kini masih melekat pada masyarakat dari dulu hingga sekarang.

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates