Wednesday , 24 May 2017
Home » jawa timur » Tempat Wisata Di Surabaya Terpopuler Dan Bersejarah

Tempat Wisata Di Surabaya Terpopuler Dan Bersejarah

Tempat Wisata Di Surabaya Terpopuler Dan Bersejarah – Salah satu pesona tempat wisata di Kota Surabaya adalah anda dapat memperoleh banyak pengetahuan sejarah. Kota Surabaya memiliki julukan kota Pahlawan, sebuah julukan karena pasa masa revolusi kemerdekaan Negara Indonesia telah terjadi pertempuran hebat antara rakyat Surabaya dengan tentara penjajah. Di tempat ini anda juga dapat menemukan beberapa monumen atau bangunan yang mempunyai nilai sejarah.

Nama Surabaya itu sendiri awalnya bermula dari era Kerajaan Majapahit, yaitu sebutan untuk sebuah wilayah geograis dimana dalam mitos masyarakat lokal telah terjadi pertarungan yang hebat antara Sura (Hiu) dengan Baya (Buaya) untuk mendapatkan pengakuan yang sebagai hewan terkuat, sebagaimana yang pernah diramalkan oleh Jayabaya. Untuk anda yang ingin berlibur dengan mendapatkan ilmu tentang banyak sejarah, maka anda wajib mengunjungi Kota Surabaya.

Tempat Wisata Di Surabaya Terpopuler Dan Bersejarah

  1. Tugu Pahlawan

Inilah monumen untuk mengingat keberanian arek-arek Suroboyo melawan tentara Sekutu. Monumen setinggi 41,15 Meter yang berbentuk lingga atau paku terbalik ini mempunyai badan tiang berbentuk lengkuang (Canarules) sebanyak 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas. Tingi, ruas dan canarues mengandung makna tanggal 10 bulan 11 tahun 1945. Inilah tanggal terjadinya peristiwa heroik di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

  1. Patung Buddha Empat Wajah

Iniah patung paling tinggi di indonesia yang sudah tercatat di MURI. Anda dapat menjumpai Patung Buddha Empat Wajah ini dari salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran. Bangunan Patung Buddha Empat Wajah dikelilingi oleh 4 pilar, yaitu pilar hijau dan emas. Terdiri dari 3 bagian, yaitu stupa, patung Buddha, dan singgasana Buddha. Patung Buddha dan takhta masing-masing memiliki tinggi 9 Meter. Patung ini memiliki kemiripan dengan Patung Buddha yang ada di tempat wisata Tiongkok, yaitu terdiri atas wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan dan wajah perlindungan terhadap kejahatan.

  1. Jembatan Merah

Jembatan Merah ini adalah saksi sejarah pertempura heroik tanggal 10 Nopember 1945 di Surabaya. Sejarah mencatat peristiwa meninggalnya Brigjen Mallaby pada bentrokan yang terjadi antara para Pejuang Indonesia dengan tentara Belanda di dekat Jembatan Merah pada tanggal 30 Oktober 1945 adalah alasan utama Panglima Sekutu d Jawa Timur mengeluarkan ultimatum pada 9 Nopember 1945 kepada para Pejuang Indonesia untuk meletakkan senjata. Penolakan ulmimatum oleh pejjuang Indone membuat Sekutu Inggris menyerang Kota Surabaya pada Keesokan harinya.

  1. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam ini terletak pusat Kota Surabaya. Monumen Kapal Selam adalah merupakan wujud asli dari KPI Pasopati 410, salah satu kapal TNI-Angkatan Laut dari satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur. KKI Pasopati termasuk jenis SS type whisky Class yang dibuat di Vladi Rusia pada tahun 1952, berpern aktif dalam menegakkan kedaulatan negara dan hukum di laut antara lain dalam operasi Trikora.

 

Itulah beberapa tempat wisata di Surabaya yang terpopuler dan memiliki nilai sejarah yang tinggi yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga informasi ini dapat bemanfaat untuk anda. Terimakasih.

 

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates

Warning: mkdir() [function.mkdir]: Disk quota exceeded in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2305

Fatal error: Uncaught exception 'Exception' with message 'Cache directory not readable/writable: `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public`. Failed on `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public/www-general-web-id/9/7/8/0/f`.' in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php:2310 Stack trace: #0 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(456): websharks\html_compressor\core->cache_dir('public', '9780f9295a07f05...') #1 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(398): websharks\html_compressor\core->compile_css_tag_frags_into_parts(Array) #2 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(317): websharks\html_compressor\core->maybe_compress_combine_head_body_css('<!DOCTYPE html>...') #3 /home/general8/p in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2310