Friday , 28 April 2017
Home » Lampung » Teluk Kiluan Lampung Selatan

Teluk Kiluan Lampung Selatan

Dolphin Bay Lampung. Beberapa tahun terkahir, Wisata Teluk Kiluan lampung semakin ramai di perbincangkan dalam bursa travel dunia, wisatawan yang ramai berkunjung kemari umumnya dari Pulau Jawa dan Sumatera Bagian selatan.  Mereka ingin melihat beberapa fenomena keindahan alamnya.  Kiluan mempunyai Batu Karang Pegadung yang Lebih eksotis dari Semua Teluk di Sumatera.

Traveling menuju Teluk Kiluan Tanggamus, Pantai yang paling indah di lampung ini merupakan tantangan tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke tempat ini.  Ada beberapa opsi waktu yang terbaik jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, yaitu pada musim kemarau pada bulan april-september karena kondisi Jalan menuju Kiluan Lampung sangatlah terjal, becek dan berlumpur.

Apabila terpaksa berkunjung di tempat ini pada musim penghujan cobalah untuk menyewa seorang pemandu yang sudah memahami lokasi jalanan atau jika tidak ada dapat rental mobil sejenis AVP untuk menuju ke lokasi ini.

Laut Kiluan

Laut Kiluan Tanggamus

Lokasi wisata Pantai Kiluan Lampung atau lebih sering di sebut Teluk Kilaun Lampung ini jika dilihat secara geografis terletak di 100/50-100’/50 Bujur Timur dan 05’/40′-08/40′ lintang selatan. lokasi teluk berada di desa atau pekon yang bernama kiluan negeri, kecamatan kelumbayan kab, Tanggamus provinsi lampung.

Disaat Kamu memulai perjalanan dari kota Bandar lampung, Untuk sampai ke pulau Kiluan jarak tempuh kurang lebih sejauh 80 Km dan memakan waktu sekitar 4 sampai 5 jam.

Keistimewaan tempat wisata Teluk kiluan lampung

Secara topografis letak tempat wisata di Lampung Selatan ini berbukit dan juga berlembah curam namun ini justru menarik minat pengunjung untuk datang dan berpetualang ke tempat wisata ini, selain itu juga tempat wisata ini menawarkan wahana atraksi Lumba-Lumba liar di tengah laut lepas, wisatawan bisa menikmati keindahan atraksi lumba-lumba ini dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh para pengelola wisata Teluk kiluan lampung. hargasewa untuk bisa menikmati wahana atrkasi lumba-lumba berkisar Rp. 200.000 – Rp.300.000.

Lumba-lumba Kiluan Lampung

Dolphin Lampung

Pengunjung juga diberi kesempatan untuk memegang secara langsung atau sekedar memberi makan lumba-lumba yang berada di tepi pantai dengan makananan berupa ikan kecil yang telah disiapkan oleh penduduk juga pengelola pantai.

Sebagian orang mengatakan Lumba-Lumba Perairan Kiluan lebih menarik ketimbang atraksi lumba-lumba di Tempat Wisata lainnya.

Teluk Kiluan bay

Sebenarnya menyuguhkan pemandangan yang tak kalah mempesona. Menikmati alam beriklim panas (tropis) di pantai sekitar teluk adalah sebuah hiburan yang menarik untuk dilakukan baik bersama keluarga . Sebagian besar pantai di provinsi Lampung memang terkenal akan pantai pasirnya yang berwarna putih bersih.

Air laut di teluk ini juga masih bersih dan jernih , ada juga wahana snokelling atau diving, wisatawan bisa menyelam di dasar laut Teluk kiluan lampung tersebut. Meskipun tidak seindah Pulau Raja Ampat di Papua namun menurut data statistik ahli terumbu karang dan spesies bawah laut, ada 1/4 spesies dan terumbu karang yang hidup di alam bawah laut pantai kiluan lampung, sebuah nilai Plus bagi wisatawan Domestik dan Mancanegara.

Dasar Laut Teluk Kiluan

Dasar Laut Teluk Kiluan

Keindahan alam Kiluan yang juga wajib di nantikan adalah pesona Matahari terbit (sunrise) dan juga fenomena matahari tenggelam (sunset). Jangan lupa mengabadikannya karena Besar kemungkinan momen terbaik untuk “menangkap” potret Matahari tenggelam yang sempurna di teluk ini hanya berlangsung selama beberapa menit saja.

Sunset Kiluan

Sunset Kiluan

Sekitar Pantai kiluan di Lampung Selatan ternyata menyimpan potensi wisata yang dekat dengan pantai kiluan lampung yaitu pulau kelapa atau lebih sering dipanggil dengan sebutan nama pulau kiluan (hampir mirip dengan pantai kiluan tapi berbeda lokasi), pulau kelapa mempunyai luas kira-kira sekitar 7 hektar yang bisa anda saksikan keindahnnya di tengah teluk.

untuk sampai ke lokasi ini cuma memakan sekitar 20-30 menit dengan menumpang kapal jukung dari pekon Kiluan Negeri. harga Tarif kapal berkisar Rp35.000,- per orang. Pulau Kiluan  juga tekenal akan pantai yang eksotis, tenang dan indah pasir putihnya yang lembut dan dikelilingi dengan pohon yang rimbun.

Fasilitas yang terdapat di Pantai kiluan lampung

Hotel di Teluk Kiluan sangat sedikit jumlahnya, namun jika anda memang berencana menginap di teluk kiluan, ada beberapa opsi lain, yaitu homestay yang disewakan oleh penduduk stempat namun jumlahnya sangat lah terbatas, harga sewa penginapan di Teluk kiluan berkisar Rp.200.000 / malam. dan kamar yang disewakan pun hanya berjumlah 4 kamar yang dapat dihuni oleh 5 sampai 7 orang, lampu penerangan yang digunakan di tempat ini berasal dari generator atau genset sederhana yang memiliki kapasitas sebesar 220 Volt, namun ada beberapa alternatif lain untuk anda menginap yaitu berada di daratan teluk kiluan namun lokasi ini sangtlah jauh dari tempat wisata pantai kliuan lampung.

Pantai Kiluan Lampung

Pantai Kiluan Lampung

Akses dan Akomodasi Teluk Kiluan Lampung

Berikut kami lampirkan beberapa pilihan untuk anda para wisatawan yang berencana berkunjung ke pantai wisata pulau kiluan lampung. perjalanan mengunakan transportasi umum.

  • Dari pelabuhan merak – kali deres biaya perjalanan sekitar Rp.25.000,-, memakan waktu kurang lebih 2 jam.
  • Dari merak – bakauheni perjalan bisa anda tempuh selam 3 jam dengan biaya sekitar Rp.40.000
  • Dari bakauheni ke bandar lampung, berhenti diway halim, biaya perjalan sekitar Rp.25.000 dan memakan waktu sekitar 3 – 5 jam
  • Dan anda bisa meneruskan perjalan dari way halim menuju patai kiluan lampung dengan biaya sekitar Rp. 75.000 dan anda pun akan di pandu sampai ke lokasi.

Pemda propinsi Lampung kini tengah gencar membuat fasilitas penunjang wisata, yaitu dengan melakukan pembangunan Bandara Radin Intan II, Semoga beberapa tahun kedepan, Wisata Lampung Go International, Amin..

Selain Teluk Kiluan, Masih ada tempat rekreasi menarik di Lampung, Baca : Wisata Lampung yang wajib di kunjungi, serta Pulau Pahawang Lampung

Selamat berlibur

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates

Warning: mkdir() [function.mkdir]: Disk quota exceeded in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2305

Fatal error: Uncaught exception 'Exception' with message 'Cache directory not readable/writable: `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public`. Failed on `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public/www-general-web-id/9/7/8/0/f`.' in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php:2310 Stack trace: #0 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(456): websharks\html_compressor\core->cache_dir('public', '9780f9295a07f05...') #1 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(398): websharks\html_compressor\core->compile_css_tag_frags_into_parts(Array) #2 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(317): websharks\html_compressor\core->maybe_compress_combine_head_body_css('<!DOCTYPE html>...') #3 /home/general8/p in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2310