Tuesday , 25 April 2017
Home » Wisata » Taman Pintar Yogyakarta, Wisata Edukasi Menarik

Taman Pintar Yogyakarta, Wisata Edukasi Menarik

Taman Pintar Yogyakarta – Tak salah jika Yogyakarta dinobatkan sebagai Kota Pelajar. Ide ide kreatif pemerintahan DIY untuk meningkatkan mutu pendidikan selalu saja ada. Pembangunan sarana edukasi yang layak terus dilakukan secara ber-kesinambungan.
Mulai dari sekolah dasar, sampai universitas, menjamur di Kota Wisata ini.
Tak hanya itu, Yogyakarta juga membangun sebuah taman wisata yang dapat digunakan oleh semua kalangan usia.
Bagi anda yang pernah berkunjung ke Jogja Mungkin tak asing mendengar TAMAN PINTAR.
Namun jika anda belum mengetahuinya, saya akan mencoba menjelaskan tentang apa dan bagaimana sebenarnya Taman Pintar Yogyakarta.
Taman Pintar adalah sebuah lokasi yang didekorasi sedemikian rupa, menyerupai arena bermain, tetapi tujuan utamanya adalah memberi ragam pengetahuan pada siapa saja yang berkunjung kesini.

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar selalu ramai pengunjung, karena letaknya sangat strategis ditengah pusat kota Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Malioboro.
Hebatnya, para arsitek yang membangun Taman pintar, membuat desain yang unik pada tiap gedung di Taman belajar ini, isi didalamnya pun berbeda beda, berikut beberapa gedung yang menjadi favorit  pengunjung.

Gedung Oval.

memiliki desain menyerupai telur,  didalamnya terdapat wahana ICT, wisatawan yang datang akan mendapatkan pengetahuan tentang Bumi dan planet antariksa.

Aquarium Air Tawar.

Adalah Wahana yang pertama dibangun di gedung Oval. Bentuknya seperti terowongan besar, namun diatasnya terdapat ikan air tawar. hampir sama dengan Aquarium Ancol, tetapi bedanya Di Ancol kita melihat kehidupan Ikan Laut.

Zona  Agro

Area bermain satu ini seolah menggambarkan kondisi Negara Indonesia sebagai penghasil komoditas  Kelapa Sawit terbesar didunia. Pengunjung bisa mendapatkan Informasi cara Berkebun dengan memanfaatkan teknologi modern dan tradisional.

Zona Cuaca, Iklim dan Gempa Bumi.

Pengalaman pahit bencana Gempa bumi yang sering melanda Indonesia, membuat para Arsitek ingin berbagi pengetahuan tentang simulasi gempa dan Tsunami.
Wahana ini masih baru dibangun di Taman Pintar Yogyakarta. Output nya tak hanya itu, Pengunjung juga mendapat infomarsi terbaru tentang perubahan Iklik dan cuaca secara langsung.

Dan beberapa wahana lainya, seperti TV Trainer, Demo Sains, Terowongan Ilusi, Generatol Pedal.
Secara garis besar, tujuan utama pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan dan memperdalam pemahaman  science kepada masyarakat umum, terutama anak anak. Baik itu siswa pra sekolah sampai Sekolah Menengah Atas.

Jogja memang hebat, saya terkesan melihat pembangunan disana, sampai sampai wisata edukasi juga dipikirkan oleh Pemerintahan DIY. Semoga beberapa tahun yang akan datang, Indonesia memiliki orang orang pintar.
Nah itulah cerita tentang Taman Pintar Yogyakarta. Cukup menarik bukan?
Jangan lupa baca pengalaman Surfing saya di Pantai G-Land di Banyuwangi. Selamat berlibur.
Salam Blogger.

Kontributor: Prayogo & Merry
Photo: Yan like Jauhara

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates

Warning: mkdir() [function.mkdir]: Disk quota exceeded in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2305

Fatal error: Uncaught exception 'Exception' with message 'Cache directory not readable/writable: `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public`. Failed on `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public/www-general-web-id/9/7/8/0/f`.' in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php:2310 Stack trace: #0 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(456): websharks\html_compressor\core->cache_dir('public', '9780f9295a07f05...') #1 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(398): websharks\html_compressor\core->compile_css_tag_frags_into_parts(Array) #2 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(317): websharks\html_compressor\core->maybe_compress_combine_head_body_css('<!DOCTYPE html>...') #3 /home/general8/p in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2310