Monday , 18 September 2017
Home » Jogja » Taman Pintar Jogja Nikmati Lebih Dari 20 Wahana Seru

Taman Pintar Jogja Nikmati Lebih Dari 20 Wahana Seru

Taman Pintar Jogja – Taman Pintar Jogja Nikmati Lebih Dari 20 Wahana Seru | Siapa yang tidak tahu dengan Jogja. Mantan ibu kota negara ini memang memiliki banyak sekali kejutan yang luar biasa. Tidak hanya memiliki keragaman kulinernya saja. Kota yang dijuluki Kota Gudeg ini juga memiliki keragaman wisata yang begitu melimpah. Karena tidak hanya wisata alam dan budayanya saja yang ada, wisata pengetahuan pun ada dan dikembangkan di sini. Nah, salah satu tempat wisata yang dimaksud adalah Taman Pintar yang terletak di Jalan Panembahan Senopati no. 1 – 3, Yogyakarta.Taman Pintar Jogja

Nah, untuk lebih mengenal dan mengetahui seluk beluk taman belajar ini, silahkan simak pembahasan lengkapnya sebagai berikut.

 

Sejarah Taman Pintar Jogja

Taman ini berbentuk seperti rumah belajar. Memiliki banyak wahana yang bisa Anda coba untuk mempelajari berbagai hal, seperti; ilmu pengetahuan, sejarah, seni, dan berbagai hal lain yang bisa Anda dapatkan di sini.

Taman ini dibangun dan mulai dikerjakan pada tahun 2004. Setelah itu rampung dan diresmikan oleh menteri pendidikan pada 20 Mei 2006.

Namun, pemerintah dan daerah berusaha untuk terus mengembangkan taman belajar ini. Mereka menganggap Taman Pintar ini bisa jadi wahana wisata yang mendidik. Oleh karena itu, mereka melanjutkan pengembangan dan pembangunan tahap kedua. Lalu dirampungkan dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubowono X pada 9 Juni 2007.

Pengembangan wisata Taman Pintar Jogja pun berlanjut ke tahap ketiga. Hingga rampung dan diresmikan ulang oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 16 Desember 2009.

Taman ini diperuntukan anak sekolah dan mahasiswa. Pemerintah berharap dengan adanya taman ini, anak – anak bisa belajar banyak hal di sini. Di samping itu, beberapa pihak pun menginginkan kalau taman ini dijadikan sebagai wisata edukasi alternatif di samping Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Gedung Agung, dan tempat wisata edukasi lainnya.

Taman Pintar Jogja

Akses Ke Taman Pintar Jogja

Taman Pintar terletak di Jalan Panembahan Senopati no. 1 – 3, Yogyakarta. Alamat tersebut bisa Anda tempat selama 15 menit dari Benteng Vredeburg. Jalannya pun cukup lurus melewati Gedung Agung atau istana negara.

Wahana Di Taman Pintar Jogja

Di sini banyak sekali wahana seru yang bisa Anda coba. Jika dihitung – hitung wahana di sana ada sekitar 20 lebih. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa detailnya:

  1. Wahana sejarah kekeratonan

Wahana ini terletak di Gedung Memorebel. Banyak sekali wisata sejarah Kekeratonan Jogja yang bisa Anda simak di sini. Mulai dari sejarah Hamengkubowono, sejarang keraton, dan berbagai sejarah tentang Kekeratonan Jogja lainnya juga bisa Anda dapatkan di sini.

  1. Wahana tokoh pendidikan

Wahana ini juga sama. Terletak di Gedung Memorebel. Namun letak ruangnya berbeda dengan sejerah kekeratonan.

Wahana di Taman Pintar Jogja Anda bisa mendapat banyak hal tentang tokoh pendidikan Indonesia. Mulai dari kisah hidup Ki Hajar Dewantara, Ahmad Dahlan, dan tokoh – tokoh pendidikan Indonesia.

  1. Kepustakaan Presiden

Kepustakaan Presiden memiliki banyak sekali hal – hal menarik untuk dipelajari. Mulai dari sejarah Indonesia, sejarah Presiden Indonesia, dan masih banyak lagi.

  1. Aquarium air tawar

Aquarium air tawar terletak di Gedung Oval. Di sana Anda bisa menyaksikan berbagai macam ikan dan hewan air yang hidup air tawar.

  1. Zona cuaca iklim

Zona ini terletak di Gedung Oval. Di sana Anda bisa mendapati banyak hal tentang, fenomena alam, cuaca dan iklim bumi.

  1. Zona agro

Wahana Taman Pintar Jogja ini memberikan pendidikan mengenai agro dalam bentuk gambar dan file yang sudah disusun.

  1. Zona purba

Zona purba terletak di Gedung Oval. Di sini Anda akan mendapatkan pendidikan tentang sejarah purbakala di Indonesia.

  1. Perpustakaan

Seperti halnya perpustakaan lainnya, perpustakaan di sini juga terdapat banyak buku – buku menarik dengan jumlah yang lumayan banyak.

  1. Zona kendaraan roda dua

Di sini Anda akan mendapatkan berbagai hal seputar kendaraan roda dua, khususnya sepeda motor. Mulai dari mesin, sasis, sampai cara kerja sepeda motor bisa Anda dapatkan di sini.

  1. Zona hand and scince

Tempat wisata Taman Pintar Jogja ini juga menawarkan wahana pengetahuan sains yang memberikan Anda sensasi melakukan percobaan sains sederhana.

  1. Zona pusaka

Di sini Anda bisa mendapati banyak sekali benda pusaka yang didapat dari seluruh Indonesia. Jumlah pusaka yang disuguhkan di sini cukup banyak, jadi bisa menambah referensi tentang pusaka Indonesia.

  1. Planetarium

Sama halnya dengan planetarium lainnya. Di sini juga Anda akan mendapati berbagai macam hal tentang planet dan benda luar angkasa lainnya.

  1. Gedung PAUD

Wahana ini khususnya untuk anak yang masih tergolong ke dalam anak usia dini, atau sekitar anak usia 3 – 4 tahun.

  1. Wahana teater 3D

Wahana di Taman Pintar Jogja ini menawarkan kesan lain dari sekedar menonton film dalam teater. Sebab, di sini Anda akan merasakan bagaimana nikmatnya menikmati film dengan nuansa 3D yang epik. Namun untuk bisa masuk dan menikmati serunya film dengan nuansa 3D, Anda harus membayar sedikitnya Rp 20.000,- per orang.

  1. Wahana Bahari

Seperti namanya, wahana ini menawarkan berbagai hal mengenai bahara dan kelautan Indonesia. Untuk masuk dan menikmati keseruan wahana tersebut pengunjung diharuskan membayar sedikitnya Rp 4.000,- per orang.

  1. Wahana kreasi batik

Wahana seni di Taman Pintar Jogja ini memungkinkan Anda mempelajari cara membuat batik. Dengan hanya Rp 5.000,- per orang, pengunjung akan diperbolehkan untuk belajar membatik dan membuat berbagai jenis batik dalam satu ruangan.

  1. Wahana kreasi gerabah

Sama halnya dengan kreasi batik, wahana ini juga memungkinkan Anda untuk membuat kreasi seni gerabah dalam satu ruangan. Dengan hanya bermodalkan Rp 5.000,- per orang, pengunjung akan dibekali ilmu tentang bagaimana membuat dan mendesain bentuk gerabah yang unik dan cantik.

  1. Wahana lukis gerabah

Jika wahana kreasi gerabah memungkinkan Anda belajar cara pembuatan gerabah, maka  di wahana Taman Pintar Jogja ini Anda akan diberikan pengetahuan tentang bagaimana melukis dan menghias gerabah agar lebih cantik dan indah.

Untuk masuk dan belajar melukis gerabah di sini pengunjung harus mengeluarkan dana sebesar Rp 10.000,- per orang.

  1. Wahana lukis kaos

Tidak hanya gerabah dan batik saja, di sini juga ada wahana lukis kaos yang bisa dicoba. Dengan hanya Rp 40.000,- per orang, pengunjung bisa belajar tentang bagaimana melukis kaos agar jadi lebih indah dan cantik.

  1. Wahana presenter TV

Di sini pengunjung akan diberikan pemahanan untuk bisa jadi presenter TV, pembaca berita, dan dunia pertelevisian. Dengan hanya Rp 10.000,- per orang, pengunjung akan dibekali berbagai macam pelajaran seputar presenter TV.

Taman Pintar Jogja 3

Tiket Masuk Taman Pintar Jogja

Taman Pintar dari pagi hingga malam. Dengan hanya Rp 10.000,- per anak dan Rp 18.000,- per orang dewasa, pengunjung akan mendapatkan berbagai macam ilmu dan pengetahuan yang bisa didapat dari tempat rekreasi yang edukatif ini.

Namun perlu dicatat. Biaya yang disebutkan tadi adalah biaya masuk. Adapun pengunjung yang ingin mencoba wahana di dalam, pengunjung diharuskan membayar biaya tambahan.

Biaya tambahan di sini digunakan untuk kepentingan operasional. Namun jangan khawatir, biaya tambahan di sini tidak terlalu mahal. Sebab, Anda hanya perlu membayar biaya tambahan mulai Rp 5.000,- sampai Rp 40.000,- per orang.

Baca Juga :

5 Hotel Dekat Malioboro Termurah, Harga Mulai Dari 200Rb-an

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates