Friday , 28 April 2017
Home » Jember » TAJEMTRA, Wisata Karnaval Tanggul dan Jember

TAJEMTRA, Wisata Karnaval Tanggul dan Jember

TAJEMTRA – Pemerintah Daerah Jember memang sangat kreativ, seakan tak kehabisan ide untuk meningkatkan PAD melalui sektor promosi wisata.
Beberapa hari yang lalu, saya sempat menulis tentang Fashion Karnaval Jember. Acara tahunan yang berbentuk pawai busana modern serta tradisional.
Begitu juga dengan acara yang digelar hari ini, 13 September 2014, Selaku pengelola wisata, nampaknya Pemda Jember sangat pandai memilih hari yang tepat untuk mengadakan event.
Seperti tahun lalu, saya masih ingat acara ini digelar pada malam minggu, alhasil, peserta  dan penonton yang mengikuti pawai budaya ini sangat ramai.
Event ini bernama TAJEMTRA, adalah singkatan dari Tanggul Jember Tradisional. Tanggul merupakan kecamatan yang letaknya lumayan jauh sekitar 30Km dari pusat kota Jember, dan peserta akan berjalan kaki dari wilayah Tanggul sampai Ke alun alun kota Jember.
Pawai TAJEMTRA Jember, sudah diselenggarakan sejak beberapa tahun silam, Peserta yang mengikuti acara ini sangat ramai, terutama sekitar Wilayah Jawa Timur, baik dari Malang, Pasuruan, Surabaya, Sidoarjo, Purbolinggo, dan masih banyak lagi.

TAJEM, Wisata Karnaval Tanggul dan Jember

Jika anda melihat, anda akan merasa kagum melihat begitu ramainya karnaval TAJEM ini, walaupun peserta yang mengikuti acara ini harus menempuh perjalanan 30Km dari Tanggul Ke Jember, tetapi mereka tak terlihat letih, Pemerintah Jember tak membatasi usia pada event ini. Jadi kita bisa melihat anak anak usia muda sekitar 10 sampai 20 tahun ikut iring iringan budaya TAJEMTRA ini.

Umumnya mereka berkelompok, sekitar 20- 50 orang dalam satu regu. Busana yang dipakai bermacam macam, seperti halnya acara karnaval memperingati hari kemerdekaan Indonesia, kebanyakan mereka Tampil dengan berbagai kostum adat, kostum Tentara, Polisi, ada juga yang tak menggunakan Baju, mereka biasanya dari Regu komunitas GIM atau tempat fitnes, bahkan beberapa kendaraan baik mobil atau motor yang di modif atau hias menyerupai Tank Baja, atau Pesawat tempur.

Yang lebih seru lagi, ketika peserta TAJEM melewati keramaian, mereka meneriak-kan yel yel serta berjoget secara kompak dengan adegan lucu hasil koreografi mereka sendiri.
Saking banyaknya yang mengikuti acara ini (Ribuan orang), tak terasa saya berdiri selama 5 jam disudut alun alun Jember. Hem… Tak salah jika saya mengatakan bahwa Pemda jember sangat kreativ dalam mempromosikan wisata daerah dengan cara yang bervariasi.
Sayangnya hari ini saya tak bisa melihat tradisi unik ini, mudah mudahan tahun depan saya bisa datang lagi ke kota seribu bukit ini.
Nah itulah ulasan saya tentang Acara Pawai Karnaval TAJEMTRA – Tanggul Jember Tradisional ini. Jika ingin melihat obyek wisata yang lain, silahkan baca pada kolom artikel terkait dibawah. Semoga bermanfaat, Selamat berlibur.
Salam Blogger.

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates

Warning: mkdir() [function.mkdir]: Disk quota exceeded in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2305

Fatal error: Uncaught exception 'Exception' with message 'Cache directory not readable/writable: `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public`. Failed on `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public/www-general-web-id/9/7/8/0/f`.' in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php:2310 Stack trace: #0 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(456): websharks\html_compressor\core->cache_dir('public', '9780f9295a07f05...') #1 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(398): websharks\html_compressor\core->compile_css_tag_frags_into_parts(Array) #2 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(317): websharks\html_compressor\core->maybe_compress_combine_head_body_css('<!DOCTYPE html>...') #3 /home/general8/p in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2310