Tuesday , 27 June 2017
Home » Lombok » Puncak Gunung Rinjani Lombok

Puncak Gunung Rinjani Lombok

Menapak puncak Lombok  | Gunung Rinjani Satu dari Sekian banyak gunung berapi di Indonesia dengan puncak ketinggian hingga 3.726 m diatas permukaan laut dan menjadi bagian dari Taman Nasional yang mempunyai luas sekitar 41.330 hektar persegi.

Sejak puluhan tahun silam, Rinjani selalu menjadi favorit bagi para pendaki Indonesia karena terkenal akan keindahan pemandangannya. Secara geografis gunung ini berada di lokasi tiga kabupaten yakni kabupaten Lombok Timur, Tengah dan Lombok Barat.

Puncak Gunung Rinjani Lombok

Puncak Gunung Rinjani Lombok

Di sebelah barat puncak Rinjani terdapat kaldera horizontal dari barat ke timur yang luasnya berkisar 3.600 m × 4.900 m. Diarea kaldera ini memiliki sebuah danau yang diberi nama Segara Anak, kedalaman air-nya mencapai 230 m. Air yang mengalir dari hulu danau Rinjani tersebut membentuk air terjun yang cukup indah, mengalir melintasi jurang-jurang yang curam. Di danau Segara Anak terdapat beberapa species ikan mas dan ikan mujair sehingga sering dipakai untuk rekreasi memancing. Di Bagian selatan danau segara disebut dengan danau Segara Endut.
Di sebelah timur kaldera Gunung Rinjani terdapat sebuah gunung yang disebut Gunung Baru yang mempunyai kawah seluas 171 m × 201 m dengan puncak ketinggian mencapai 2.296 m diatas permukaan laut. Gunung kecil ini terakhir meletus pada tanggal 2 bulan Mei tahun 2009 dan sepanjang bulan Mei, setelah sebelumnya sempat meletus juga pada tahun 2004.

Seperti pada gunung berapi pada umumnya, bahwa aktivitas larva vulkanik Gunung Rinjani pasca pembentukan kaldera ialah pembentukan kembali vulkani berupa efusiva yang memproduksi lava sedangkan eksplosiva membentuk endapan lumpur.

Lava Gunung Rinjani berwarna agak ke hitaman, dan ketika larva meleleh telihat seperti busa. Peletusan Gunung Rinjani setelah terbentuknya sebuah kaldera terbilang relatif lemah, pengunjung bisa mendaki pegunungan jika status gunung dalam keadaan normal. Petualangan saat mendaki Puncak Rinjani Lombok yang tak pernah lekang oleh waktu dan pasti menjadi primadona oleh masyakat yang tinggal di sekitar Taman Nasional Gunung Rinjani.

Mendaki Puncak Gunung Rinjani memberi tantangan bagi sebagian besar para pendaki maupun pencinta alam yang berwisata ke kawasan ini, dikarenakan apabila sudah berhasil mencapai puncak gunung menjadia suatu kebanggaan tersendiri bagi mereka (para pendaki).  Pesona Rinjani selalu saja membuat para pengunjung ataupun pencinta alam di seluruh indonesia bahkan sampai mancanegara dalam kegiatan pendakian sangat luar biasa, terbukti dengan jumlah wisatawan yang melakukan pendakian ke Gunung Rinjani setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan.

Objek-objek wisata Gunung Rinjani

Kegiatan pendakian puncak gunung secara besar-besaran dilakukan pada bulan Juli sampai bulan Agustus, memasuki bulan Agustus peserta pendakian gunung pada umumnya didominasi oleh kalangan mahasiswa dari seluruh universitas Indonesia yang ingin merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Puncak Gunung Rinjani maupun Danau Segara Anak melalui kegiatan yang di namakan (Tapak Rinjani) yang di selenggarakan secara rutin di setiap tahunnya oleh kelompok pencinta alam kePulauan Lombok yang menjalain kerjasama dengan Badan Taman Nasional Gunung Rinjani. Rinjani memiliki panaroma cukup indah jika dibandingkan gunung-gunung lainnya yang ada Indonesia. Selain Puncak Rinjani ada beberapa objek-objek wisata lain yang berada di dekat puncak Gunung Rinjani

Pemandangan Wisata Rinjani
Pemandangan Rinjani dari Senaru

Senaru Rinjani

Senaru merupakan desa yang dijadikan starting pendakian puncak Gunung Rinjani. Selain terkenal menyimpan banyak keindahan, di Senaru terdapat masyarakat lokal yang bertahan hidup dengan culture tradisional masyarakat lombok ditengah zaman modernisasi ini. Dikala melintasi Senaru, kita dapat berkunjung ke beberapa Objek wisata sekaligus yakni air terjun Sendang Gile dan juga air terjun Tiu Kelep.

Desa Senaru, berlokasi di Kecamatan Bayan, Lombok bagian Utara. Beberapa pengunjung yang ingin melihat pemandangan dan objek wisata Senaru Rinjani biasanya menyewa seorang pemandu turis yang akan mengantarkan perjalanan memutari desa senaru.

Sapit

Merupakan sebuah desa tradisional di kecamatan Swela. Jaraknya sekitar 65 km dari arah barat kota Selong. Dari Sapit pengunjung dapat melihat Samudera Indonesia dan Selat Alas sekaligus Gunung Rinjani.

Sekitar 5 kilometer dari arah utara desa ini terdapat sebuah sumber mata air yang bernama Lemor. Selain itu juga terdapat air terjun dan juga kolam air Sebau yang mengandung asama belerang. pemandangan di desa sapit juga cukup mengesankan dan juga masyarakat Sapit merupakan masyarakat yang sangat ramah kepada para pengunjung. Masyarakat lokal ini berprofesi sebagai seorang petani. Uniknya, sampai saat ini mereka masih menerapkan cara bertani dengan alat tradisional sehingga menambah kesan klasik Kepada pengunjung ketika melintasi pedesaan ini.

Tetebatu

Tak salah rupanya jika Tetebatu dijuluki sebagai surga di kaki Gunung Rinjani, pemandangan alam tetebatu begitu menakjubkan, jika anda berkunjung ke telebatu, kamu akan betah dan tak mau pergi kemana-mana lagi larena keindahan di tetebatu memang tiada duanya. Dari Tetebatu, Anda dapat tracking sebentar ke air terjun Jukut dan air terjun Joben. Sejauh mata anda memandang, kita akan menjumpai keindahan panorama pegunungan di Tetebatu.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Dari lokasi ini terbentang pemandangan ke Bagian selatan Lombok, melihat pemandangan Gunung Rinjani di bagian utara dan anda akan melihat pemandangan laut saat menoleh ke arah timur. Tetebatu merupakan tempat peristirahatan yang sangat sempurna bagi para wisatawan yang lelah dalam perjalanan menuju puncak gunung Rinjani. Suhunya yang sangat dingin, membuat Cuaca dan Udara Tetebatu senantiasa terasa sangat sejuk. Langitnya kadang kala berawan, sinar matahari tidak pernah memancar dengan terik. Suasana di tetebatu amat Redup dan tenang. Dengan suhu alam seperti ini, area persawahan di Tetebatu sangatlah cocok untuk dijadikan pekebunanan tembakau dan padi.

Mungkin hanya itu ulasan kami mengenai Objek Wisata Lombok di Gunung Rinjani, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Baca Juga Info Wisata di Lombok yang tak kalah menarik, yaitu Romantisnya Pantai Gili Trawangan

Sebagian Foto dari Flicker – Trekking Rinjani

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates

Warning: mkdir() [function.mkdir]: Disk quota exceeded in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2305

Fatal error: Uncaught exception 'Exception' with message 'Cache directory not readable/writable: `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public`. Failed on `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public/www-general-web-id/9/7/8/0/f`.' in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php:2310 Stack trace: #0 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(456): websharks\html_compressor\core->cache_dir('public', '9780f9295a07f05...') #1 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(398): websharks\html_compressor\core->compile_css_tag_frags_into_parts(Array) #2 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(317): websharks\html_compressor\core->maybe_compress_combine_head_body_css('<!DOCTYPE html>...') #3 /home/general8/p in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2310