Tuesday , 25 July 2017
Home » Wisata » Sulawesi » Pulau Dua Balantak Icon Wisata Sulawesi

Pulau Dua Balantak Icon Wisata Sulawesi

Pulau Dua Balantak – Musim libur saya masih panjang, setelah puas berkeliling menikmati Aksotisme Danau Napabale Muna, kini saya menuju kabupaten Banggai.

Sayup-sayup terdengar Suara ombak memecah kesunyian pantai, panasnya terik sang surya tidak menyurutkan langkah kami untuk mengabadikan indahnya Pulau Dua Balantak. Rimbunan Flora Endemik dan Gugusan Bukit serta Batu Karang Pulau Dua menjulang tinggi membelah laut, mengingatkan saya akan Keindahan Tanjung Papuma Jember.

Ya, Pulau Dua Berada di dusun kampangar, kec-Balantak , Kab.Banggai, Propinsi SulTeng. Adalah Icon Wisata di Sulawesi Tengah dan merupakan salah satu destinasi yang sangat terkenal akan keindahan Lautnya.

Disekitar Pulau Dua, terdapat Suku Balantak, Populasinya tersebar di berbagai daerah kecamatan seperti kecamatan Balantak selatan, kecamatan lamala dan kecamatan masama.

Pulau Dua Balantak

Pulau Dua Balantak

Rute Pulau Dua Balantak.

Untuk menuju ke Pulau Dua, Dari Jakarta menggunakan Pesawat komersil menuju Bandara Syukuran Aminudin Amir di Kabupaten Luwuk atau juga bisa melalui Palu, biasanya dalam sehari terdapat tiga penerbangan menuju Bandara Luwuk. kemudian dilanjutkan melalui jalur Jalan Trans Sulawesi. Luwuk juga merupakan salah satu daerah yang cukup maju dan sudah memiliki bandara sendiri walau tidak sebesar bandara-bandara lain.

Dari daerah Luwuk, kita harus melanjutkan dengan perjalanan darat. Rute termudah dilalui dengan kendaraan pribadi, anda bisa menyewa kendaraan (travel di Luwuk) dengan harga standart yaitu Rp.300.000/Hari. Alternatif lain apabila ingin merasakan sensasi berbeda, dengan menggunakan angkutan umum dari Terminal luwuk.

Jarak tempuh jika dimulai dari luwuk sekitar 150 KM, dan memakan waktu kurang lebih sampai 3 jam. kami menyarankan anda untuk berhati-hati, jalan yang akan anda tempuh berada di lintas perbukitan dan juga rawa-rawa. di sisi lain hanya berupa bukit, tanpa adanya pengamanan serta Rambu Lalulintas, tentu sangat berresiko, terutama tanah longsor .

Para Wisatawan juga akan melewati perkampungan nelayan yang teletak cukup dekat dengan Pulau Dua Balantak. Ada baiknya para Wisatawan tidak melakukan traveling pada malam hari. karena jalan ini belum mempunyai penerangan. Memang untuk sampai ke Pulau Dua cukup sulit, tetapi perjalanan yang melelahkan akan terbayar lunas dengan keindahan yang ada di Pulau Dua Luwuk. Berikut kami paparkan objek-objek Wisata yang bisa anda kunjungi di Pulau Dua sulawesi.

Pesona Pulau Dua Banggai

Selain terkenal akan keindahan alamnya yang memukau, Balantak juga terkenal akan keindahan pantainya dan juga alam bawah lautnya. Bagi peng-hobby diving maka disinilah tempat yang kami rekomendasikan untuk menyalurkan minat tersebut, sebab didukung oleh airnya yang bersih, jernih dan berwarna ke biru-biruan.

Dasar Laut Balantak Pulau Dua

Dasar Laut Balantak Pulau Dua

Fasilitas Pulau Dua

Persediaan Alat Pulau Dua cukup lengkap, pengelola tempat Pariwisata telah menyiapkan fasilitas untuk kegiatan Snorkeling, Diving, Surfing, atau sekedar berenang. Ada banyak spesies hewan laut yang hidup di laut Pulau Dua sulawesi, tercatat lebih dari 1/4 hewan laut yang hidup di perairan Indonesia terdapat pula di perairan Sulawesi.

Pulo Dua Diver

Pulo Dua Diver

Ikan di Pulau Dua memang sangat menggoda, bukan sesuatu yang mengherankan bila kita menyaksikan acara televisi seperti Mancing mania yang melakukan Aksi di Laut Balantak. Belum lengkap rasanya jika belum berkeliling ke semua Pulau, anda bisa menyewa sebuah perahu milik penduduk setempat untuk mengitari seluruh pulau yang ada di Pulau Dua Luwuk. Harga untuk menyewa perahu pun cukup murah hanya berkisar 200. ribu rupiah.

Pegunungan Tompotika Balantak

Ada momen terbaik untuk menikmati keindahan Pulau Dua sulawesi Secara maksimal yaitu pada musim kemarau atau musim panas, diatas Bukit yang mirip pegunungan, beranama Tompotika, Semua keindahan yang ada di pantai, gunung dan bukit akan terlihat jelas tanpa penghalang seperti kabut juga awan hitam.

Pegunungan Pulau Dua

Tompotika Balantak di Pulau Dua

Sebaiknya sempatkan diri mendaki salah satu gunung di pulau Dua, anda akan terpukau menyaksikan Pulau Maluku secara jelas, padahal jarak antara Tompotika dengan pulau maluku cukup jauh. Indonesia pernah memberi Penghargaan untuk Pulau Dua, sebagai Maskot Pariwisata terbaik. Meskipun berita ini belum muncul di koran dan media televisi namun masyarakat lokal sangat senang ketika pulau ini mendapatkan penghargaan dari Pemerintah.

Hotel Murah sekitar Pulau Dua

Bagi Wisatawan domestik maupun Turis mancanegara yang berencana menginap diPulau Dua dapat bermalam di cottage, home stay ataupun tempat penginapan lain yang dikelola oleh penduduk setempat.

Pulau Dua Balantak masih belum di kembangkan oleh Investor Luar, mungkin dikarenakan tempat Wisatanya masih baru, sehingga fasilitas penginapan yang disediakan oleh masyrakat Pulau Dua masih belum bisa di kategorikan sebagai Hotel, tetapi kelengkapannya sudah memadai, seperti tersedianya homestay 5 kamar, Kamar mandi luas dan juga tersedianya pendingin Udara.

Saya pribadi amat senang berada di Pulau Dua, oh ya, ternyata sebagian penginapan dibangun atas prakarsa pemerintah, ada juga yang dibiayai atas nama organisasi. Beberapa tahun terakhir Wisata pulau Dua mengalami kemajuan yang signifikan, ratusan bahkan ribuan pengunjung berbondong-bondong datang kesini, Alhasil penduduk lokal mendapatkan pendapatan cukup besar dari para wisatawan Pulau Dua sulawesi. Semoga saja ini menjadi pertanda baik untuk kemajuan Industri Wisata indonesia terutama Pulau Dua Balantak.

Thanks to My Sister: Lia Luwuk for recomendation this article

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates

Warning: mkdir() [function.mkdir]: Disk quota exceeded in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2305

Fatal error: Uncaught exception 'Exception' with message 'Cache directory not readable/writable: `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public`. Failed on `/home/general8/public_html/wp-content/cache/quick-cache/htmlc/public/www-general-web-id/9/7/8/0/f`.' in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php:2310 Stack trace: #0 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(456): websharks\html_compressor\core->cache_dir('public', '9780f9295a07f05...') #1 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(398): websharks\html_compressor\core->compile_css_tag_frags_into_parts(Array) #2 /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php(317): websharks\html_compressor\core->maybe_compress_combine_head_body_css('<!DOCTYPE html>...') #3 /home/general8/p in /home/general8/public_html/wp-content/plugins/quick-cache-pro/submodules/htmlc/html-compressor/includes/core.php on line 2310