Sunday , 17 December 2017
Home » jawa timur » Pantai Plengkung Banyuwangi, Surganya Para Peselancar Internasional

Pantai Plengkung Banyuwangi, Surganya Para Peselancar Internasional

Pantai Plengkung Banyuwangi – Pantai-pantai di Jawa Timur memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah pantai Plengkung yang berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Pantai Plengkung merupakan pantai yang sangat terkenal di Jawa Timur karena keindahan ombaknya. Pantai Plengkung Banyuwangi ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini dapat dicapai dengan menggunakan boat ataupun jalan darat dari Pulau Bali.

Pantai Plengkung Banyuwangi adalah merupakan salah satu surganya para peselancar dan memiliki ombak terbesar di dunia. Pantai ini dikenal dengan nama G-Land. Pantai yang letaknya di ujung Pulau Jawa ini sering dikunjungi oleh peselancar dari seluruh dunia. Mereka ingin mencoba merasakan serunya menunggangi gulungan ombak pantai yang sangat memukau. Lokasi pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, oleh karena itu pantai ini memiliki keindahan yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya.

Pantai Plengkung Banyuwangi, Surganya Para Peselancr Internasional

Nama G-Land diambil dari “G” yang memiliki arti sebuah teluk yang berlokasi di pesisir sebelah barat pantai Plengkung yang bernama Grajagan. Wilayah Pantai Plengkung Banyuwangi dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami dan sangat indah. Ombak yang dimiliki oleh pantai Plengkung ini membuat pantai ini masuk ke dalam jajaran “The Seven Giant Waves Wonder” sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Pantai ini memiliki ketinggian ombak mencapai 4 meter hingga 6 meter dengan formasi 7 gulungan gelombang bersusun. Panjang formasi ini bisa mencapai panjang sejauh 2 kilometer, inilah sebabnya mengapa para peselancar professional memiliki ketertarikan tinggi untuk menaklukan ombak Pantai Plengkung Banyuwangi.

Pada awal mulanya ditemukan pantai ini adalah pada tahun 1972 ada sekelompok peselancar melakukan ekspedisi untuk menuju kawasan Plengkung. Ekspedisi ini dilakukan dengan menggunakan dua rute perjalanan yaitu melalui jalur darat dan jalur laut. Akhirnya ditemukanlah Pantai Plengkung yang sangat indah dan menakjubkan bagi para peselancar. Dan sekarang ini Pantai Plengkung Banyuwangi sudah menjadi tempat kegiatan surfing berskala Internasional. Ombak di pantai ini selalu terus-menerus ada dan di bulan April sampai Agustus ombak lautnya mencapai puncak tertinggi.

Para wisatawan kebanyakan mengunjungi Pantai Plengkung Banyuwangi untuk melakukan kegiatan berselancar. Biasanya wisatawan berasal dari Bali, mereka akan mengunjungi Pantai Plengkung dengan menggunakan speed boat melalui Pantai Kuta Bali karena lokasi pantai ini tidak jauh dengan Pulau Bali. Wisatawan yang tidak ingin bermain selancar juga dapat menikmati panorama pantainya yang indah. Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih dan air laut yang berwarna biru sangat menarik untuk dinikmati. Di pantai ini juga terdapat rumah panggung yang disediakan khusus bagi para wisatawan yang hanya sekedar ingin melihat para peselancar bermain, dan menjinakkan keganasan ombak Pantai Plengkung. Di Pantai Plengkung Banyuwangi ini tidak ada hotel, namun ada penginapan pada sejumlah “surf camp” yang ada di pantai ini. Namun meskipun demikian, fasilitas penginapan yang ada di pantai ini sudah berstandar Internasional.

 

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates