Friday , 15 December 2017
Home » Wisata » Pantai Parangtritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Heritage Pantai Parangtritis Yogyakarta memang relatif menarik. mitos yang berkembang mengartikan nama pantai ini sebagai air mineral menetes (Tumaritis) melalui celah-celah bebatuan  (parang).
Beberapa Asumsi menyebutkan bahwa Parangtritis adalah merupakan tiga dimensi perwujudan yang tak terpisahkan dari gunung Merapi, kota yogya  dan pantai laut selatan.
Ini memang Identik dengan mitos Nyai Roro Kidul, Masyarakat lokal percaya jika Parangtritis merupakan tempat tinggal Nyai Roro Kidul.

Saat saya sedang Tour ke Laut selatan ini, saya dianjurkan untuk tidak menggunakan pakaian berwarna hijau, sebab menurut mereka, Nyari Roro Kidul menyukai warna itu.
Tetapi anda tak perlu khawatir, selagi kita masih menghargai batasan batasan alam, serta memahami sebuah budaya, saya rasa anda akan aman.

Lokasi parang tritis cukup jauh dari Yogyakarta, sekitar 25Km atau 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja.
Harga tiket masuk ke parangtritis cukup murah, sekitar 10.000 rupiah. Tak hanya satu tempat wisata yang terdapat disekitar kecamatan kretek yogyakarta, tak jauh dari Parangtritis terdapat pantai, ParangKusumo, Parangwedang, Bukit Gembirowati, dan juga pantai Depok.

pantai parangtritis yogyakarta

pantai parangtritis yogyakarta

Untuk mencapai semua lokasi tersebut, kita bisa memanfaatkan jasa kereta kuda atau andong / dokar, tentu dengan tarif yang beragam.
Fasilitas dari lokasi wisata pantai ini lengkap. Di sekitar tepi pantai, ada banyak motel atau penginapan yang menyewakan kamar dengan harga relatif terjangkau, letaknya pun berada tepat didepan pantai, membuat anda akan melihat pemandangan laut pantai selatan secara langsung. Toko toko kecil menjajakan makanan khas yogya, juga berjajar dibibir laut selatan ini.

Hamparan pasir putih yang terbentang dikelilingi bukit bukit, merupakan obyek indah dan cocok untuk tempat rekreasi / taman bermain bersama keluarga.
Saya sendiri betah berlama lama disini, apalagi saat senja menjelang, banyak photography yang sedang hunting foto sunset.
Jika anda berkunjung kemari 3 hari sebelum perayaan nyepi, adalah waktu yang tepat, sebab masyarakat yogyakarta khususnya yang beragama Hindu sedang merayakan upacara Melasti, dan anda akan melihat kesibukan yang luar biasa dipantai Parangtritis serta ParangKusumo.

Tak lengkap rasanya bila berlibur ke Jogja tetapi belum mengunjungi laut yogyakarta yang menyimpan berbagai mitos ini. Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua, Jangan lupa baca cerita menarik dari saya tentang Megahnya Candi Prambanan.
Selamat berkunjung, Salam Blogger.

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates