Thursday , 12 October 2017
Home » Wisata » Jawa Tengah » Obyek Wisata Dieng Wonosobo, JaTeng

Obyek Wisata Dieng Wonosobo, JaTeng

Obyek Wisata Dieng – Tentu kita sangat familiar dengan Dieng, adalah dataran tinggi berbentuk gugusan bukit, membentang sepanjang Jawa Tengah. Dieng merupakan satu dari ratusan  pegunungan vulkanik aktif di Indonesia dan merupakan gunung api raksasa se Asia.

Kita juga sering mendengar Mistik / Misteri Gunung dieng dimedia massa elektronik, Dieng memang menyimpan Mitos tersendiri. Suhu udara di kawasan pegunungan Dieng berkisar 22  celcius ketika siang hari dan 11″ celcius ketika malam hari.

Secara Geografis Lokasi Gunung Dieng, terdapat di Wilayah kecamatan Batur, desa kulon, sedangkan untuk wilayah Dieng bagian wetan (timur) terletak di wonosobo kecamatan sejajar, JaTeng.

Wisata Dieng Jawa Tengah.

Pegunungan Dieng

Suasana Dieng

Mayoritas penduduk Dieng berprofesi sebagai petani dan nelayan. Hasil komoditas utama warga Dieng adalah wortel, kubis. Bawang-bawangan juga kentang. Ada juga papaya gunung, buah kenari serta camur purwateng.

Penginapan  Murah sekitar Dieng.

Familys

Adalah Hotel Terdekat dengan Wisata Dieng, fasilitasnya lengkap, diantaranya:

  • Televisi
  • Bathroom dengan air hangat
  • Dinner & Breakfast

Harga Rp. 150.000/net

Dieng Room

Wisma / Villa dieng, juga menyediakan kelengkapan layaknya hotel berbintang, seperti:

  • Kamar mandi mewah dengan Air Hangat
  • Single Bed atau Double Bed
  • Area Parkir Luas
  • TV 32 Inch
  • Sewa penginapan hanya 200.000/Net.

Wisata Dieng Wonosobo

Disamping terkenal dengan deretan vulkanik pegunungan yang masih Aktif, ternyata gunung dieng menyimpan wisata alam yang menakjubkan, sehingga ratusan wisatawan datang setiap harinya untuk berlibur dan berekreasi. Surga yang hilang merupakan kalimat yang pas untuk menggambarkannya, Bila kamu adalah seorang pecinta Lingkungan maka kami sarankan agar memasukan wahana Dieng ke daftar liburan Wisata Alam.

Berikut kami sajikan wilayah atau objek wisata yang wajib anda kunjungi dikala berada di gunung Dieng

Kawah sikidang Dieng

Kawasan sikidang terkenal dengan kawah terbesar disini. mengunjungi ke tempat ini maka anda wajib berhati-hati ketika mendaki sikidang Dieng, sebab struktur tanahnya  becek dan dikhawatirkan terperosok ke jurang kawah. Pemandangan sekitarnya sangat eksotik.

Kawah Dieng

Skideng – Kawah Dieng

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng merupakan objek wisata yang terdapat di kawasan Dataran Tinggi Dieng, jawa tengah (midle java)
Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke gunung Dieng tanpa mengunjungi telaga warna, airnya memiliki bermacam-macam warna yang dapat berubah-ubah, terkadang kuning dan seperti warna pelangi. Menurut para peneliti Sejarah Dieng, dikarenakan memiliki kandungan asam belerang amat tinggi sehingga akan berganti warna jika terkena sinar matahari.

View Diend -Telaga Warna

Telaga Warna

Nama itu di patenkan oleh masyarakat setempat karena keindahan panorama alamnya yang memukau. Pada ketinggian dari atas permukaan laut kira-kira 2200 meter, dan juga dikelilingi oleh bukit-bukit yang makin menambah keharmonisan alam di sekirat object wisata gunung.

Momen  yang paling baik untuk mengunjungi Dieng adalah saat pagi atau siang hari, karena pada sore hari, kabut tebal akan menutupi pemandangan sekitar telaga, sehingga para wistawan tidak dapat menikmati keindahan panorama alamnya. Udara sejuk nan bersih di sekitar telaga membuat suasananya begitu eksotis, wisatawan juga akan merasakan suasana ghaib serta sunyi disempurnakan oleh kabut tebal dan pepohonan di sekitar telaga.

Dibagian lain Telaga tedapat gua yang juga wajib untuk dikunjungi, seperti Gua Semar Mandalasari Pertapaan  Begawan Jati Sampurna. Di pintu gua ada  artefak berupa arca wanita sedang menggendong sebuah Gucci. Dengan keberadaan telaga ini masyarakat setempat cukup terbantu karena mereka dapat menggunakan air di dalam telaga untuk keperluan sehari-hari juga dimanfaatkan sebagai irigasi di area pesawahan.

Bukit Sikunir Dieng Wonosobo.

Jika kita berkeinginan menyaksikan fenomena matahari terbit (sun rise) dan fenomena matahari tenggelam (sun set), Gunung Sikunir Dieng merupakan lokasi yang cocok untuk melihat keajaiban alam itu.

Para pengunjung yang ingin berwisata ke bukit ini harus melewati jalan setapak yang terjal dan  berbatu. Jika anda berencana berlibur dan mencoba mendaki bukit dieng kami menyarankan untuk menyewa pemandu tour karena jalan menuju puncak bukit banyak melalui jurang.

Asal muasal nama sikunir di abadikan dari nama kunyit, karena memiliki warna kuning maka dengan spontanitas para masyarakat setempat menjulukinya dengan nama kunir / sikunir. Lokasi wisata Kunir sangat diburu oleh para pengunjung lokal maupun wisatawan manca negara yang berwisata ke pegunungan Dieng.

Sumur jalatunda Dieng.

Ada fenomena menarik jika melihat Sumur jalatunda Dieng, disebabkan sumur Dieng tidak seperti sumur pada umumnya, memiliki diameter 90 meters dengan kedalaman belum dapat di prediksi. apabila kamu berencana pergi kemari maka siapkan tenaga untuk mendaki 257 anak tangga. Menurut kepercayaan masyrakat setempat sumur jatalunda ini terbentuk karena aktivitas vulkanik magma di gunung-gunung Dieng.

Gunung Prau.

Merupakan puncak tertinggi di pegunungan Dieng Terdapat juga populasi atau habitat flora dan fauna yang dapat anda jumpai ketika di Prau Dieng ini. Tak hanya itu gunung Dieng bisa juga dijadikan lokasi untuk melihat matahari terbit (sun rise) atau matahari tenggelam (sun set) sama seperti bukit sikunir.

Telaga menjer Dieng

Telaga menjer Dieng juga memiliki keindahan yang tak ada beda nya dengan telaga diatas.
Mesikpun telaga Dieng masih kurang populer di kalangan para wisatawan, namun telaga ini juga menawrkan keindahan yang sulit untuk di lewatkan. Di telaga menjer para pengunjung bisa berkeliling dengan menggunakan perahu milik para penduduk dieng.
Selain untuk tempat wisata telaga menjer juga digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) milik pemerintah Jawa Tengah.

Candi Arjuna Dieng.

Meskipun berbeda dengan candi borobudur atau candi prambanan, namun kompleks Candi Dieng ini termasuk candi paling tua di pulau jawa. Masing-masing candi memiliki nama-nama tersendiri

Arjuna - Candi Dieng

Arjuna – Candi Dieng

  • Candi Dieng
  • Candi srikandi
  • Candi Arjuna
  • Candi sembadra
  • Candi putra dewa.

Candi diatas Salah satu tujuan wisata Dieng,  selain menawarkan keindahan, juga kerap dijadikan lokasi riset pengetahuan oleh para ahli sejarah. Nah itulah objek wisata menarik yang bisa anda kunjungi ketika anda melakukan rekreasi ke kawasan wahana wisata gunung Dieng JaTeng

Baca juga info tak kalah menarik tentang Danau Napabale dan Teluk Kiluan, Have Fun

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates