Sunday , 17 September 2017
Home » Uncategorized » Memindahkan blogspot ke domain-id melalui cloudflare

Memindahkan blogspot ke domain-id melalui cloudflare

Seperti janji saya beberapa waktu lalu, saya akan membuat tutorial bagaimana memindahkan url kita dari blogspot.com ke domain.id, bisa or.id. co.id, web,id atau yang lain. ini dikarenakan peraturan yang dibuat, hanya Domain Top Level yang bisa langsung kita setting tanpat menggunakan akses cpanel.
disini admin mencoba menggunakan fasilitas Cpanel gratis dari cloudflare.com, dan akses domain dari idwebhost.com.

1. langkah yang sama seperti tutorial admin yang lalu, tentang memindahkan blogspot ke domain.com Cara custom domain blogspot, ikuti langkah 1 sampai 3.
2. jika sudah mendapat token dari google, maka sekarang kita langsung ke www.cloudflare.com
3. klik signup, kemudian setelah berhasil, kita diminta untuk input url web kita, masukkan alamat domain.id yang sudah kita beli,
4. masuk ke bagian edit, sampai disini kita pilih opsi CNAME, bisa juga opsi A, sebaiknya pilih metode input Cname terlebih dahulu,
5. isi kan kolom pertama dengan “www” ingat hanya www! jangan pakai www.domainkamu.id, disinilah kita sering melakukan kesalahan, termasuk saya dulu.
6. kolom kedua isikah dengan ghs.google.com
7. kemudian klik save.
8. Ulangi input data CNAME lagi, kolom pertama isikan token yang didapat dari blog, contoh kwjguowkzxhg, kemudian kolom kedua isikan url dari google tadi, contoh nya, kwjguowkzxhg.gv.google.ghs.com, kemudian setelah selesai klik save.
9. input data lagi, kali ini kita menggunakan opsi A.
10. masukkan url kamu domain.id tanpa “www” ya!
11. isikan kolom kedua dengan Ip yang kita dapat dari blog tadi. kemudian save
12. ulangi langkah diatas sampai ip yang kita dapat dari google itu selesai kita input, biasanya kita mendapat 3 ip, input semua ip nya dengan cara diatas.
13. setelah selesai semua klik yes i`ve done dns setting,
14. klik next sampai nanti kita mendapat dns dari cloudflare. contoh david.cloudflare.com kemudian fiona.cloudflare.com, kemudian simpan dns tersebut
15. masuk ke idwebhost.com/manage atau kalau dari tempat lain langkahnya sama aja. silahkan login
16. pada dashbord klik manage domain.id kita, kalau tampilan nya kosong pencet f5 untuk menyegarkan
17. klik dns setting, kemudian hapus dns dari idwebhost contoh dns1.idwebhost.com, hapus dns tersebut dan isikan dengan dns yang kita dapat dari cloudflare tadi. klik save, Selesai deh.

Memindahkan blogspot ke domain.id

Sekarang tinggal tunggu penyesuaian dari cloudflare ke idwebhost atau penyedia domain kamu, biasa nya memakan waktu 4 sampai 6 jam.
jika sudah lebih dari 6 jam, masuk ke blog kamu, kemudian ikuti langkah satu sampai tiga pada tutorial saya sebelum nya.
Apabila sudah berhasil maka tak akan ada lagi muncul pesan error dari google, dan langsung klik edit, kemudian centang pengalihan www.domain.id ke domain.id

And than Done!, tunggu lagi proses selesai dari google. biasanya memakan waktu 15 menit, baru blog kamu bisa diakses kembali
Demikian tutorial dari saya semoga bermanfaat
Salam Blogger

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates