Tuesday , 19 September 2017
Home » Wisata » Angkringan Jogja, Wisata Kuliner Yogyakarta Murah Meriah

Angkringan Jogja, Wisata Kuliner Yogyakarta Murah Meriah

Penduduk pulau Jawa pasti tidak asing dan sangat mengenal istilah “ Ngangkring ”, bahasa yang sudah populer di kalangan anak – anak, remaja sampai orang dewasa.
Arti kata Ngangkring adalah membeli makanan atau minuman ditempat yang jarang ditemukan di daerah lain, yaitu Angkringan.
Saya berdomisili di Jogja hampir 7 tahun, maka tak asing dengan istilah itu, hampir semua tempat angkringan saya datangi, mulai dari angkringan yang masih menjaga ciri khasnya sampai yang sudah beradaptasi dengan perkembangan zaman.
Sebenarnya Angkringan tak ubahnya seperti warung kecil yang terletak dipinggiran jalan, tetapi perbedaan mendasar adalah Warung ini menggunakan gerobak dorong tradisional, dengan dua roda untuk memudahkaan penjual berpindah dari lokasi satu ke lokasi lainnya.

Angkringan, Kuliner Murah di Yogyakarta

Bentuk Angkringan Jogja

Panjangnya sekitar 2 meter, di tutup dengan atap plastik atau terpal. Para pedagang Angkringan biasanya memulai aktivitas pada pukul 4 sore hingga menjelang pagi hari.
Penerangan yang digunakan juga sangat sederhana, hanya beberapa lampu kecil dengan bahan bakar minyak tanah.

Tetapi walaupun seperti warung kecil, variasi makanan yang dijual sangat beragam, seperti Sego kucing atau nasi yang berukuran segenggam tangan di bungkus dengan daun pisang, didalamnya terdapat sambel teri, mie goreng, dan kering atau sambel tempe.

Untuk menemani Nasi kucing, pedagang Angkringan menyediakan lauk pauk, seperti ceker ayam, usus ayam, telur puyuh, kepala ayam, yang sudah dibacem terlebih dahulu.
Tak ketinggalan makanan ringan seperti gorengan tempe, bakwan dan tahu.
Uniknya Kita dapat menikmati semua sajian tersebut dengan cara dibakar kemudian diberi bumbu kecap terlebih dahulu. Sedangkan minuman yang khas adalah wedang jahe atau jahe susu.

Yogyakarta memang terkenal dengan wisata kuliner murah, dan Angkringan merupakan salah satu dari sekian ratus jenis kuliner  murah tersebut. Bagaimana tidak? Harga makanan dan minuman yang ditawarkan hanya Rp 1000 – 3000 Rupiah.

Tak heran jika kita melihat Angkringan Jogja selalu ramai pengunjung, mereka  umumnya menghabiskan waktu malam minggu bersama rekan rekan dan menjadikan Angkringan Favorit sebagai tempat Nongkrong yang asik di Yogyakarta.

Itulah sekilas tentang warung tradisional Jogja, Jika anda tertarik, silahkan baca artikel saya tentang Angkringan murah disekitar Malioboro Yogyakarta. Selamat menikmati.
Salam Blogger.

Kontributor General.web.id – Pramono & Merry N.

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates