Tuesday , 17 October 2017
Home » Wisata » Alun Alun Jogja, Wisata Seputar Keraton Yogyakarta

Alun Alun Jogja, Wisata Seputar Keraton Yogyakarta

Alun – alun Jogja di Yogyakarta, tempat yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara juga didominasi oleh penduduk lokal. Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki dua alun – alun yang sangat dikenal oleh para wisatawan , yaitu alun – alun utara dan alun-alun kidul atau yang biasa disebut Alkid.
Salah satu yang selalu ramai adalah alun – alun kidul yang berada tak jauh dari Malioboro, karena memiliki banyak daya tarik tersendiri bagi para pelancong.
Lahan yang terletak dibelakang Keraton Yogyakarta ini memiliki dua buah pohon beringin kembar, Mitos yang beredar disini adalah apabila kita bisa melewati ditengah-tengah antara dua pohon beringin ini dengan mata tertutup, maka segala permohonan ataupun yang berkaitan dengan jodoh kita akan dimudahkan.
Penduduk sekitar menyebut permainan berupa tantangan melewati pohon beringin dengan mata tertutup ini dengan Nama Masangin.

Alun Alun Yogyakarta

Adalah merupakan permainan tradisional yang tak pernah surut peminatnya, dan tak pernah hilang dari alun-alun kidul ini, meskipun banyak jenis permainan dan hiburan modern mulai bermunculan, tetapi permainan Masangin masih menjadi daya tarik tersendiri, mungkin karena rasa penasaran para peserta game yang ingin menaklukan tantangan tersebut.

Terdapat beberapa fasilitas bermain untuk anak anak  yang ramah lingkungan dan menyenangkan bagi pengunjung, cocok untuk semua umur yang mencari hiburan setelah lelah bekerja. Seperti odong – odong khas Yogyakarta yang dihiasi berbagai pernak pernik, dan lampu hias yang warna – warni membuat suasana malam hari semakin asyik dan meriah dengan tarif sewa yang terjangkau berkisar Rp 15.000,-.

Hampir setiap hari lokasi alun alun Jogja selalu dipadati oleh pengunjung, terutama dimalam minggu, selain suasana ramai yang dapat menghilangkan rasa sepi, wisata kuliner pun disuguhkan dipinggiran area alun – alun kidul ini.
Makanan dan minuman siap saji khas Yogyakarta seakan sengaja memanjakan lidah penikmat kuliner, mulai dari wedang jahe, wedang ronde  yang dapat menghangatkan tubuh dimalam hari, tak ketinggalan makanan khas Jawa Tengah ini, yaitu gudeg Jogja.

Yogyakarta memang terkenal banyak tempat wisata murah meriah yang menyajikan berbagai hiburan dan memberikan kesan tersendiri bagi setiap pengunjungnya, terutama alkid, dan inilah yang membuat alun-alun kidul sulit dilupakan dan dilewatkan wisatawan setiap berkunjung ke kota gudeg ini, termasuk saya, jika sempat datang lagi, saya pasti mencoba menaklukan permainan Masangin (Saya selalu gagal).
Nah itulah pengalaman saya menghabiskan waktu berlibur di Yogyakarta, semoga artikel ini memberi wawasan yang bermanfaat buat kita semua.
Baca juga perjalanan menarik dari saya tentang Obyek Wisata terkenal di kota Bandung, Selamat berlibur.
Salam Blogger.
Special Thanks To Pramono-Merry yang sudah menyumbang artikel ini.

Comments

comments

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates